baim Anak sipil yang nyasar ke dunia IT, suka berbagi insight tentang dunia perbetonan - semoga teman-teman sumua suka dengan tulisan-tulisan ku ya

Cara Menghilangkan Bekas Lem Sealant di Body Mobil

1 min read

Cara Menghilangkan Bekas Lem Sealant di Body Mobil – Penggunaan lem sealant cukup banyak, luas, dan bervariasi. Salah satunya untuk merekatkan kaca atau material sejenis pada area kendaraan. Penggunaan lem sealant ini dipercaya memberikan banyak manfaat, sehingga industri mobil serta perbaikan kendaraan juga menggunakan jenis lem yang satu ini. Tetapi kadang kala sulit menghindari resiko yang terjadi. Salah satunya lem sealant tidak sengaja menempel pada body mobil. Nah, bagi yang mengalami hal ini dan mencari solusinya, berikut ini cara menghilangkah bekas lem sealant di body mobil yang efektif.

Pakai Kanebo Basah

Cara pertama yang paling mudah dan sering dilakukan yaitu secepat mungkin membersihkan lem yang masih basah dengan menggunakan kanebo basah. Cara ini tergolong mudah dan tidak membutuhkan bantuan peralatan apapun. Maka dari itu jika menemukan lem sealant ternyata tertempel secara tidak sengaja di body mobil, segera basahi kain kanebo lalu bersihkan area yang terkena lem tersebut hingga tuntas. Lakukan berkali-kali di area ini hingga lem sealant benar-benar hilang. Ingat, jangan tunggu terlalu lama supaya lem tidak kering, tetapi sebaiknya segera lakukan saat masih basah sehingga mudah untuk dibersihkan.

Gunakan Pembersih Khusus

Ada banyak jenis pembersih body mobil yang dapat digunakan untuk membuat kendaraan terlihat selalu bersih dan mengkilap. Nah, jika ingin supaya lem sealant yang terlanjur mongering dapat dibersihkan dari body mobil, maka ada baiknya mencari informasi tentang pembersih khusus yang beredar di pasaran. Beberapa jenis pembersih mobil memiliki cairan kimia yang mampu membantu membersihkan noda bekas lem sealant tersebut. Maka dari itu opsi ini juga dapat menjadi pilihan yang tepat. Aplikasinya juga cukup mudah, biasanya dapat langsung menyemprotkan cairan pembersih pada area yang terkena lem dan segera bersihkan dengan kain kering.

Memakai Minyak Tanah

Ide lain yang juga tidak kalah menarik yaitu menggunakan minyak tanah sebagai bahan untuk membersihkan bekas lem sealant. Bisa juga diganti dengan bahan sejenis misalnya saja minyak kayu putih. Namun cara yang satu ini sedikit lebih rumit untuk dilakukan. Bagi yang ingin mencobanya sebaiknya siapkan beberapa bahan pendukung. Mulai dari tinner, benang pancing dan pisau silet. Sehingga setelah melakukan persiapan tersebut, maka menghilangkah bekas lem sealant dapat dilakukan dengan mudah.

Aplikasi untuk memulai menghilangkan bekas lem sealant cukup sederhana. Pertama usapkan tinner lebih dulu pada area yang terkena lem sealant. Usap dengan hati-hati hingga area lem sealant mulai terkikis. Kemudian dengan menggunakan pisau silet cobalah menggerus bekas lem sealant secara perlahan. Namun upayakan supaya tidak sampai menggores body mobil. Maka dari itu sebaiknya lakukan perlahan dengan hati-hati dan fokus.

Sesudahnya maka akan terdapat sisa lem sealant yang mengering. Untuk mengatasi hal itu cobalah untuk menggerus sedikit demi sedikit menggunakan benang pancing. Lakukan hingga lem semakin tipis dan menyisakan bekas yang mudah dihilangkan dengan minyak tanah. Terakhir campurkan minyak tanah pada kain kering lalu mulai usapkan pada sisa-sisa lem sealant tadi hingga bersih.

Itulah beberapa cara menghilangkan bekas lem sealant di body mobil yang dapat dicoba untuk dilakukan. Terutama jika pengerjaan menggunakan lem sealant yang telah dilakukan tidak sengaja mengotori area body kendaraan Anda. Tentunya dengan mencoba langkah di atas, maka area body kendaraan dapat terlihat bersih kembali. Sehingga kendaraan berfungsi sempurna serta terlihat tetap cantik.

baim Anak sipil yang nyasar ke dunia IT, suka berbagi insight tentang dunia perbetonan - semoga teman-teman sumua suka dengan tulisan-tulisan ku ya