ALAT PASANG ALUMINIUM COMPOSITE PANEL GOODSENSE

1 min read

• Spidol / Pensil
Buatlah pola Aluminium Composite Panel sesuai modul yang diinginkan. Gambar pola dibagian belakang Aluminium Composite Panel, namuningat yang akan tampak adalah bagian depan (jadi gambarlah seperti mirror/terbalik/sisi kanan adalah sisi kiri dan sebaliknya)
• Mesin Grooving
Grooving bertujuan untuk membuang (membuat sayatan/coak) pada bagian belakang Aluminium Composite Panel, yang di coak hanyalah bagian lapisan Aluminium belakang dan lapisan polietilen/plastic nya saja, lapisan aluminium depan, tidak boleh terluka. Setelah dibuat pola/gambar, grooving bagian yang digaris (yang akan ditekuk/lipat). Biasanya bagian kuping yang (1-2 cm), bagian pinggir modul, yang nantinya akan ditekuk/dilipat kesamping (membentuk sudut 90 derjat selsius). Bagian kuping inilah yang nantinya akan disekrup ke spigot/stiffener.
• Spigot
Spigot/klem dapat terbuat dari besi atau aluminium siku, dengan lebar 1-2 cm. cukup untuk tempat Aluminium Composite Panel disekrupsaja.
• Stifenner
Pilih salah satu, apakah kita akan mnggunakan spigot atau stifenner. Stifenner berfungsi seperti spigot (untuk mengklem), hanya dengan menggunakan stifenner, pekerjaan memasang sekrup pada Aluminium Composite Panel dan Hollow menjadi lebih mudah. Permukaan Aluminium Composite Panel juga akan lebih flat/tegang jika stiffener dipasang penuh mengelilingi modul.
• Hollow
Hollow dapat digunakan besi ataupun Aluminium. Hollow besi selain dapat karat, juga lebih berat, sehingga rangka klem ke dinding harus lebih kuat/banyak. Hollow Aluminium Composite Panel lebih ringan dan tahan karat . ketebalan sebaiknya >1mm.
• Siku Besi >4cm, tebal>3mm
Berfungsi sebagai klem antara rangka Aluminium Composite Panel (hollow) ke dinding. Makin tinggi gedung, siku besi yang digunakan harus lebih lebar dan tebal. Rangka hollow di klem ke siku ke siku besi menggunakan sekrup. Siku besi menggunakan sekrup. Siku besi diklem kedinding menggunakan dynabolt
• Dynabolt
Berfungsi menempelkan siku besi ke dinding. Perlu diperhatikan dinding yang hendak diklem haruslah sudah diplaster (bukan dinding bata tanpa plaster), dan perhatikan kekerasan dinding. Makin keran makin bagus. Lalai akan hal ini akan berakibatkan fatal. Modul Aluminium Composite Panel dapat ambruk, karena dynabolt tidak dapat menahan beban Aluminium Composite Panel (yang sebenarnya sangat ringan sekalipun)
• Sekrup
Gunakan sekrup sesuai kebutuhan, untuk klem bagian mana. Ukuran sekrup yang digunakan bergantung dari beban yang akan ditanggung nya. Untuk modul yang besar, gunakan sekrup yang lebih besar.
• Spon
Lapisan busa ini berfungsi untuk mengisi nad (space antara 2 modul). Fungsi spon untuk menampung air yang mungkin bocor untuk menembus silicon sealant, sehingga tidak bocor kedalam.
• Sealant
Setelah Nad diisi oleh Spon, Kemudian Nad diisi sealant, untuk merekatkan posisi spon dan rangka serta Aluminium Composite Panel. Sealant yang harus digunakan haruslah type yang netral atau non stain, karena jika yang digunakan sealant type acid (yang mudah larut terkena panas matahari dan air hujan), maka luruhan sealant ini dapat mengotori warna Aluminium Composite Panel.
• Circular Saw
Gergaji berfungsi untuk memotong Aluminium Composite Panel, siku besi / aluminium, hollow dll.
• Mesin Bor
Digunakan untuk melubangi kuping Aluminium Composite Panel, spigot/stiffener, hollow, siku klem, memasang sekrup dll.
• Las Listrik
Digunakan saat membuat dudukan rangka / siku yang akan di klem ke dinding.
• Waterpass
Penting untuk selalu mengontrol maju mundur tampak Aluminium Composite Panel
• Stegger / scaffolding
Untuk memasang Aluminium Composite Panel yang ketinggian.
• Safety Tools
Masking, helm, sepatu safety, sarung tangan, harness dll.

Untuk informasi lebih lanjut tentang Aluminium Composite Panel Pekanbaru-Riau, dapat menghubungi kontak berikut di bawah ini
PT.Grha Sentosa Alam, Jl Soekarno Hatta, Kompleks Sentral Bisnis B-15, Pekanbaru, Riau 28282
Handphone: 0853 6523 0091 / Whatsapp : 0853 6581 2108
E-mail: [email protected]