Cara Membersihkan Lem Sealant Paling Efektif

Cara Membersihkan Lem Sealant Paling Efektif

Cara Membersihkan Lem Sealant – Lem Sealan adalah salah satu media perekat material kaca yang sering digunakan dalam industri bangunan. Lem ini biasanya digunakan untuk menyambung 2 kaca yang terpisah atau memperbaiki kaca yang rusak, lem ini juga bisa digunakan untuk material lain seperti Alumunium, uPVC, Polycarbonate dan lain lain. Kadangkala, setelah selesai memperbaiki/ menyambung 2 bidang material, sisa lem ini berceceran di bidang yang tidak kita inginkan, sehingga terlihat kotor yang tentunya mengurangi nilai estetika-nya. Nah pada artikel kali ini, https://acpgoodsense.com/ akan mengajak Anda untuk membahas sebuah tips tentang “cara membersihkan lem Sealant dengan mudah”.

Apa Itu Lem Sealant?

Lem Sealant atau dikenal juga dengan lem silikon atau Silicone Sealant merupakan salah satu jenis media perekat dengan tekstur cair atau berbentuk gel yang banyak digunakan dalam industry bangunan. Seperti fungsi lem perekat lainnya, Sealant berfungsi merekatkan 2 bidang yang akan disambung atau bisa juga digunakan untuk mengisi celah antara 2 bidang yang kosong.

Karakteristik dari lem Sealant ini adalah elastisitas serta kekuatannya yang terjaga dalam berbagai macam kondisi suhu, sehingga menjadi pilihan wajib bagi para kontraktor bangunan dalam mengerjakan kontruksi bangunan yang sedang mereka kerjakan.

Lem Sealant sudah dengan sangat mudah ditemukan dipasaran, terutama pada toko-toko yang menjual peralatan bangunan.

Kegunaan dan Manfaat Lem Sealant

Sebelum kita membahas tentang “Cara membersihkan lem Sealant” ada baiknya kita mengetahui kegunaan dan manfaat dari lem ini.

Tentu sebagian dari kita sudah pasti tahu apa itu Lem Sealant bukan, atau bahkan pernah menggunakannya?. Dalam industry kontruksi bangunan, lem Sealant menjadi pilihan yang dapat Andalan dalam masalah merekatkan 2 bidang material.

Penggunaan lem Sealant tidak hanya diaplikasikan pada bangian indoor saja lho, lebih dari itu, lem ini juga dapat digunakan pada material outdoor yang bersentuhan langsung dengan matahari dan air hujan, hal ini karena karakteristik lem ini yang kuat dan tahan terhadap berbagai macam kondisi dan perubahan suhu. Sebagai tambahan informasi, umumnya lem Sealant ini sangat cocok jika di aplikasikan pada permukaan logam, kaca dan plastik.

Bahan dan Alat untuk Membersihkan Lem Sealant pada Permukaan Bidang

Jika dari awal Anda bertanya “bagaimana cara membersihkan lem Sealant pada permukaan bidang?” maka selamat, karena Anda sudah ada pada artikel yang tepat.

Seperti yang sudah kita bahas diatas, sisa-sisa lem yang menempel pada kaca dapat merusak keindahan kaca dan membuat tampilannya menjadi buram. Untungnya lem yang mengering ini dapat dengan mudah dibersihkan, Anda hanya perlu media-media sederhana untuk melakukan hal ini. Berikut ini adalah bahan-bahan yang perlu Anda siapkan untu membersikan lem Sealant pada permukaan bidang:

NoBahan
1Cairan penghilang kuteks
2Cuka
3Campuran soda kue dan minyak
4Alkohol gosok
5Minyak kayu putih/ telon
6Minyak tanah/ bensin/ solar
7Sabun cuci piring
8Produk cairan pelumas serba guna
Bahan-bahan untuk membersihkan lem sealant

Selain bahan diatas, Anda juga memerlukan alat-alat berikut ini untuk membantu dalam proses pembersihan lem. Diantara alat-alat untuk membersikan lem Sealant adalah:

NoAlat
1Pengering rambut
2Sabut baja
3Spons
4Kain lap
5Pisau
Alat untuk membersihkan lem Sealant
Lem Sealant

Langkah-langkah Membersihkan Lem Sealant pada Permukaan Bidang

Setelah Anda menyiapkan bahan dan alat untuk membersihkan lem Sealant diatas, sekarang silahkan ikuti Langkah-langkah berikut ini:

  1. Jika lem belum mengering, tuangkan pelumas seperti alkohol gosok, minyak kayu putih atau bahan lain yang tersedia kebidang yang terkena lem, selanjutnya dengan lembut gosok permukaan dengan spon atau kain lap. Ingat untuk tidak terlalu memaksa lem hilang secara cepat karena biasanya malah akan merusak (menggores) material yang ada. Lakukan perlahan dan telaten untuk hasil yang maksimal.
  2. Jika lem sudah terlalu kering cobalah gunakan pengering rambut untuk membuat lem menjadi lunak dan mudah di kupas. Jika terlalu tebal, cungkil terlebih dahulu menggunakan pisau. Lakukan Langkah-langkah pada point satu sampai lem benar-banar hilang pada permukaan yang dimaksud.

Tips dalam Membersihkan Lem Sealant

  1. Selalu ingat bahwa lem Sealant tahan terhadap air, jadi penggunaan media lap haruslah tepat, jika Anda menggunakan kain, maka kemungkinan kain tersebut akan susah dibersihkan atau dicuci setelah selesai digunakan.
  2. Jangan menggunakan media lap berbahan kertas, seperti tisu, karton/ kardus dan lain-lain. Daya rekat lem yang sangat kuat akan membuat media lap menempel dipermukaan bidang sehingga malah akan memperburuk keadaan.

Cara Membersihkan Lem Selant pada Tangan

Setelah Anda tau bagaimana cara memberihkan lem Sealant pada permukaan bidang, berikutnya kita akan membahas tentang cara memberihkan lem Sealant pada permukaan kulit.

Sering kali ketika mengaplikasikan lem ini pada bidang material, kulit kita (terutama tangan) akan terkena ceceran nya. Lem Sealant sebenarnya tidak berbahaya bagi kulit, namun jika terkena lem ini tentunya akan membuat risih bukan?, jika Anda lupa membersihkan, khawatir lem ini ikut termakan saat Anda menyantap makanan nantinya, karena terbuat dari berbagai macam campuran senyawa kimia, tentunya tidak baik bagi organ yang ada didalam perut.

Berikut ini adalah tips dan cara membersihkan lem Sealant pada kulit (tangan

1. Bersihkan Secepat Mungkin

Lem Sealant dapat menjadi zat yang sangat lengkat ketika kering, sehingga membersihkan lem ini secara dini adalah pilihan yang lebih baik untuk menghindari masalah iritasi kulit.

2. Gunakan Media Lap yang Tepat

Jika lem Sealant belum terlalu kering, gunakan kantong plastik (yang biasa di gunakan di minimarket) untuk memancing lem agar lepas dari tangan Anda, lem memiliki daya rekat yang berbeda-beda pada sebuah bidang, daya rekat lem jauh lebih kuat pada pelastik dibanding pada kulit, sehingga kantong plastic bisa menjadi pilihan yang tepat.

3. Gunakan Pelumas

Jika lem sudah terlanjur kering, gunakan pelumas yang bisa meregangkan. Anda bisa menggunakan minyak kayu putih, minyak telon, minyak tanah atau bensin. Tuang pelumas seperlunya pada tangan atau ke media yang digunakan sebagai lap, usap secara lembut lalu  bersihkan dengan air dan sabun.

4. Buang Bekas Lap Ke Tempat Aman

Ketika Anda sedang dalam masa pengerjaan/ pemasangan material bangunan, jangan lupa membuang bekas lem atau media untuk mengelap tangan ketempat yang aman untuk menghindari penyebaran lem ini ketempat-tempat yang tidak diinginkan.

Demikian informasi tentang “Cara membersihkan lem Sealant”, bagi Anda yang ingin mencari lem Sealant berkualitas dan harga terjangkau, silahkan hubungi kami di SINI. Terimakasih sudah membaca, semoga bermanfaat.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *