cara pemasangan acp

Cara Pemasangan ACP -Aluminium Composite Panel

Cara Pemasangan ACPAluminium composite panel atau ACP merupakan material khusus yang umumnya di gunakan untuk melapisi dinding bangunan baik out door maupun in door. Bahan pembuatnya yakni perpaduan antara plat aluminium dengan bahan composite. ACP ini terdiri dari bahan non aluminium polytthylene yang di satukan di antara dua lembaran aluminium.

ACP masih menjadi salah satu material bangunan favorit bagi para developer khususnya para pelaku industri properti. Penggunaan ACP dalam dunia konstruksi dapat memberikan nilai plus pada bangunan, yaitu berupa tampilan yang elegan, mewah dan artistik.

Kali ini kami akan membagikan Cara Pemasangan ACP untuk anda. Langsung di simak aja ya..

Jenis Aluminium Composite Panel (ACP)

Material ACP dapat di pasang di dalam ruangan ataupun di pasang pada fasad bangunan. Yang membedakannya adalah tingkat ketebalan yang di gunakan dan finishing coatingnya.

Untuk interior ruangan, umumnya ACP menggunakan lapisan polyester (PE) yang lebih tipis. Sedangkan untuk eksterior, ACP butuh lapisan yang lebih kuat, yakni finishing coating PVDF.

Ukuran Standar Aluminium Composite Panel (ACP)

Umumnya acp di produksi dengan ketebalan standard berkisar mulai dari 1 – 10 mm dan lebar 1.200 – 1.600 mm. Adapun untuk lapisan aluminium pada kedua sisi berkisar mulai dai 0,3 mm – 0,5 mm. Dengan kata lain, dapat di katakan ukuran standard acp yakni sekitar 1220 mm x 2440 mm. Meskipun memiliki bobot ringan yakni sekitar 3,5 – 5,6 kg per meter², acp sangat kokoh dan kuat dalam konstruksi.

Cara Pemasangan ACP

Pemasangan aluminum composite panel bisa di lakukan pada dinding, plafon, partisi, furniture, dan sebagainya. Bisa di kerjakan pada gedung kantoran, hotel, bank, spbu, maupun rumah pribadi. Pada kesempatan ini saya akan membahas tentang pemasangan kontruksi pada rangka dudukan Aluminium Composite Panel (ACP) pada bangunan. Dengan asumsi pemasangan di lakukan pada dinding banguanan bagian luar (yaitu bagian yang terkena panas matahari dan air hujan).

Cara Pemasangan Rangka Aluminium Composite Panel adalah sebagai berikut:

  1. Jika kontruksi rangka dudukan Aluminium Composite Panel dipasang pada dinding yang terbuat dari Batubata, maka dinding batu bata tersebut harus di plaster terlebih dahulu. Minimal di plaster tanpa aci, atau bisa juga di-aci. Supaya kontruksi rangka ini tetap kuat mengikat bahan beban ACP nantinya, serta tahan lama.
  2. Jika kontruksi atau Aluminium Composite Panel di pasang pada dinding beton atau beton bertulang, maka dinding tersebut tidak perlu di plaster lagi, silahkan langsung di pasang.
  3. Rangka dudukan Aluminium Composite Panel, sebaiknya menggunakan material metal atau logam yang berkualitas baik, sehingga tidak mudah korosi (karatan) dan tidak mudah rusak akibat korosi tersebut.
  4. Lakukan marking pada dinding batu bata, (dalam hal ini contoh pemasangan di lakukan pada dinding batu bata yang telah di plaster)
  5. Lakukan pemasangan rangka dudukan Aluminium Composite Panel, misalnya menggunakan besi hollow 40×40.
  6. Setelah semua besi hollow terpasang, lakukan pengecekan ulang terhadap kekuatan pasangan dynabold dan pengelasan. Hal ini di perlukan untuk memastikan kekuatan rangka dudukan tersebut sebelum Aluminium Composite Panel (ACP) di pasang pada rangka dudukan tersebut sebelum Aluminium Composite Panel (ACP) di pasang pada rangka tersebut.

Nah demikian pembahasan kita kali ini..

Baca juga : Harga ACP 2021

Untuk informasi lebih lanjut tentang Aluminium Composite Panel (ACP) dapat menghubungi kontak berikut di bawah ini :

PT.GRHA SENTOSA ALAM

🏫 Jl Soekarno Hatta Komplek Sentral Bisnis B-15, Tengkerang Barat, marpoyan Damai, Kota Pekanbaru, Riau 28124

📞 0853-6523-0091 (Wati)
📞 0853-6231-3051 (Suci)

🌐 //www.acpgoodsense.com
🔴 //www.instagram.com/acpgoodsense
🔵 //www.facebook.com/distributorACPdanSiliconsealantGoodsensedanGRH
🌏 //goo.gl/maps/gjGLzprSdiSPsvMQ6

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *