Lompat ke konten
Beranda » Pasti Bisa! Cara Memasang ACP Untuk Pemula

Pasti Bisa! Cara Memasang ACP Untuk Pemula

cara memasang acp

Setelah memiliki produk dari Aluminium Composite Panel, tentu langkah selanjutnya yaitu memasang ACP pada bangunan. Pada artikel kali ini kami akan membahas tentang Cara Memasang ACP. Pemasangan ACP ini sangat penting. Karena, jika pemasangannya tidak kuat dan rapi akan berdampak buruk pada bangunan.

Aluminium Composite Panel (ACP)

Aluminium Composite Panel merupakan material khusus yang umumnya berguna untuk melapisi dinding bangunan. Bahan pembuatnya yakni perpaduan antara plat aluminium dengan bahan composite. ACP ini terdiri dari bahan non aluminium polytthylene yang menyatu di antara dua lembaran aluminium.

Penggunaan acp banyak di gunakan karena acp memiliki daya tahan terhadap perubahan cuaca, sehingga warna tidak akan mudah pudar ketika terkena sinar matahari maupun air hujan secara terus menerus.

Ada berbagai bangunan yang telah memanfaatkan Aluminium Composite Panel (ACP) sebagai lapisan luar dinding bangunan, Seperti : Hotel, Kantor, Ruko, Masjid, SPBU , Gedung Bertingkat dan lainnya.

Jenis-jenis Aluminium Composite Panel

Menurut cat dari bahan acp, komposit panel di bagi menjadi 2 macam, yaitu :

  1. Jenis Polyester (PE) yang biasanya banyak digunakan untuk interior bangunan. ACP tipe PE lebih murah di pasaran dikarenakan lebih tipis yang hanya menggunakan 1 kali lapisan.
  2. Jenis PVDF (Poly Vinyl De Flouride) yang biasanya diaplikasikan untuk eksterior bangunan. ACP jenis PVDF ini memiliki keunggulan tahan terhadap segala jenis cuaca. Hal inilah yang membuat warna dapat lebih tahan lama meksipun terkena hujan dan panas. Untuk eksterior, PVDF lebih direkomendasikan dibanding jenis Polyester (PE).

Alumunium Composite panel atau ACP ini memiliki sifat dan daya tahan yang kuat terhadap air dan berbagai macam cuaca, oleh karena itu ACP banyak digunakan untuk panel pelapis dinding dari suatu bangunan baik in door ataupun out door, selain untuk aplikasi dinding ACP juga dapat di gunakan dalam berbagai macam aplikasi salah satunya sebagai perangkat interior dan eksterior seperti perabotan rumah tangga hingga plavon rumah.

Alumunium Composit Panel memiliki ketebalan 4 mm. Aluminium composite panel akan membuat gedung lebih menawan dan terkesan mewah. Aluminium Composite panel memiliki berbagai macam warna yang dapat di sesuaikan dengan kebutuhan. Dengan adanya banyak pilihan warna, tentu desain interior atau eksterior bangunan akan semakin indah untuk di pandang. Selain warna, aluminium panel juga terdapat berbagai motif acp, seperti motif kayu, motif marmer dan motif brush.

cara memasang acp

Pengaplikasian Aluminium Composite Panel

Biasanya alumunium composite menjadi bahan utama dalam membangun sebuah gedung yang besar dan bertingkat, tapi tidak sebatas itu saja. ACP juga bisa di gunakan untuk desain interior bangunan loh. Berikut adalah beberapa kegunaan ACP :

  • Fasad rumah
  • Fasad gedung
  • Wall cladding luar ruangan pada gedung bertingkat
  • SPBU
  • Pertokoan (ruko)
  • Perkantoran
  • Dealer otomotif
  • Papan iklan atau billboards
  • Tangga atau escalator panel
  • Partisi atau pembatas ruangan
  • Kitchen set
  • Plavon

Kelebihan Dan Kekurangan Aluminium Composite Panel

Keunggulan Aluminium Composite Panel

  • Permukaan yang rata dan halus sehingga mudah untuk dibersihkan
  • Mempunyai daya tahan yang cukup tinggi terhadap cuaca dan iklim
  • Ringan, kuat dan tahan karat
  • Bahan yang bagus untuk dekorasi baik eksterior maupun interior
  • Mudah diaplikasikan dalam berbagai desain konsep modern
  • Memiliki berbagai jenis warna dan motif
  • Composite mudah dibentuk, dilipat, dibor dan dilengkungkan dengan menggunakan peralatan konvensional ataupun peralatan sederhana lainnya
  • Bahan intinya terbuat dari polyethylene sehingga lembarannya tahan api
  • Lapisan permukaaan aluminium yang dilapisi dengan polyester akan menambah daya tahan, stabilitas, dan tahan terhadap iklim dan korosi

Kekurangan Aluminium Composite Panel

  • Hasil penelitian menyatakan bahwa bahan inti yang terbuat dari polyethylene dan lem pengikat ke lapisan aluminium dalam suhu panas yang tinggi akan mengeluarkan gas beracun.
  • Dalam suhu tinggi, lapisan inti bisa menggelembung yang akan mengakibatkan permukaan aluminium tidak rata sehingga bisa mengurangi keindahan.
  • Kekuatan terhadap tekanan angin kurang sehingga dalam konstruksi yang kurang baik akan beresiko terhadap keselamatan.
  • Jika sistem grounding atau penangkal petir kurang bagus terhadap bangunan utama, lembaran cukup berisiko terhadap sambaran petir

Cara Memasang ACP Pada Bangunan

Pemasangan aluminum composite panel bisa di lakukan pada dinding, plafon, partisi, furniture, dan sebagainya. Bisa di kerjakan pada gedung kantoran, hotel, bank, spbu, maupun rumah pribadi. Pada kesempatan ini saya akan membahas tentang pemasangan kontruksi pada rangka dudukan Aluminium Composite Panel (ACP) pada bangunan. Dengan asumsi pemasangan di lakukan pada dinding bangunan bagian luar (yaitu bagian yang terkena panas matahari dan air hujan).

cara memasang acp

Cara memasang ACP – Photo by google.com

Alat dan Bahan Yang Digunakan

Sebelum melakukan pemasangan ACP, persiapkan dulu alat-alat yang dibutuhkan.

  1. Tali atau benang
  2. Hollow besi atau aluminium
  3. Mesin Las
  4. Siku besi
  5. Bor
  6. Sekrup
  7. ACP yang sudah di cutting
  8. Lakban
  9. Silikon sealant

Memasang Aluminium Composite Panel (ACP)

Setelah menyiapkan alat dan bahanya, berikut cara memasang ACP untuk pemula.

  1. Tarik benang atau tali pada dinding bangunan agar pemasangan rangka hollow nanti lurus.
  2. Letakkan hollow secara vertikal sesuai tarikan benang tadi, lalu beri siku besi.
  3. Bor dinding bangunan agar bisa memasang sekrup di siku besi.
  4. Sambung hollow secara horizontal dengan hollow vertikal yang akan membentuk sebuah rangka ACP.
  5. Pasang ACP pada rangka hollow.
  6. Selanjutnya, berikan Sealant pada celah antar ACP (Nad). Sebelum itu, robek lapisan pelindung di pinggiran ACP agar memudahkan dalam memberikan Sealant.
  7. Beri lakban agar Sealant tidak berantakan.
  8. Isi Nad dengan Silikon Sealant.
  9. Setelah Sealant cukup kering, lepaskan pelindung ACP dan lakban.

Jangan lupa cek kembali sambungan las dan kekuatan sekrup setelah besi hollow terpasang. Ini dimaksudkan agar rangka terbukti kuat sebelum dipasangi ACP.

Jika Anda masih kurang memahaminya, Anda dapat menonton video Cara Memasang Aluminium Composite Panel (ACP) berikut ini :

Harga Aluminium Composite Panel

Aluminium Composite Panel pada umumnya dijual per lembar. Material ACP tahan terhadap goresan serta benturan, sehingga penggunaan ACP pada bangunan dapat menghemat pengeluaran Anda dalam jangka panjang.

Harga dinding aluminium composite panel cukup beragam, dan didasarkan pada jenis, ketebalan dan panjang dari ACP itu sendiri. Harganya mulai dari 300 ribuan hingga 700 ribuan perlembar. Harga dapat disesuaikan dengan jumlah pembelian.

Distributor Resmi Aluminium Composite Panel (ACP)

ACP adalah material yang dibutuhkan pada setiap konstruksi bangunan, baik untuk kepentingan pribadi maupun untuk bangunan komersial. Produk luar biasa ini menawarkan solusi tak terhingga untuk para arsitek gedung dan kepada Anda yang menginginkan penampilan baru bagi bangunan Anda.

Untuk mendapatkan hasil yang bagus tentu Anda harus pintar juga dong dalam memilih merek yang berkualitas dan tentunya dapat di pertanggung jawabkan, seperti memiliki garansi tertulis atau semacamnya, karena ACP akan di gunakan dalam waktu yang sangat panjang.

Bagi Anda yang mencari Aluminium Composite Panel untuk bangunan Anda, Kami PT.GRHA Sinar Arya merupakan salah satu Distributor ACP merk GOODSENSE dan GRH. Kami menyediakan Aluminium Composite Panel (ACP) sebagai material bangunan Anda. Tentu dengan harga yang lebih menarik dan kompetitif. Aluminium Composite Panel (ACP) yang sudah teruji kualitasnya serta memberikan garansi hingga 20 tahun!

PT. Grha Sinar Arya adalah Distributor Aluminium Composite Panel Indonesia yang bertekad menjadi yang terbaik dalam industry Aluminium Composite Panel dan berfokus pada kepuasan pelanggan. Dengan pengalaman lebih dari 10 tahun dan berfokus pada kepuasan pelanggan. Anda dapat mengandalkan kami untuk berbagai proyek anda. Kami menawarkan berbagai produk berkualitas yang dapat disesuaikan dengan segala kebutuhan anda.

Anda bisa mendapatkan produk ACP GOODSENSE dan GRH di toko bangunan terdekat atau distributor resmi ACP GOODSENSE dan GRH yaitu PT. GRHA Sinar Arya. Silakan hubungi kami untuk pemesanan ACP GOODSENSE dan GRH.

cara memasang acp

Terima kasih telah membaca artikel ini sampai akhir. Semoga bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan Anda tentang Cara Memasang ACP (Aluimium Composite Panel). Nantikan berbagai tips dan inspirasi-inspirasi lainnya hanya di acpgoodsense.com. Ohya jangan lupa follow akun instagram kita juga ya.

PT. GRHA SINAR ARYA

Medan : 0853 6291 0099
Pekanbaru : 0853 6523 0091 atau 0853 6231 3051
Jakarta : 0811 9206 684
Semarang : 0811 2824 322
Surabaya : 0811 3597 718
Makassar : 0811 4441 0018

Sosial media kami :