Cara Mudah Melepas Lem Kaca pada Aquarium

3 min read

cara melepas lem kaca pada aquarium

Cara Melepas Lem Kaca Pada Aquarium – Aquarium adalah wadah budidaya ikan yang terbuat dari bahan  kaca transparan. Di dalamnya satwa dan tumbuhan air (biasanya ikan, tetapi dapat juga ditemukan invertebrata, amfibi, mamalia laut dan reptil) ditampung, dan digunakan untuk display publik.

Selain sebagai wadah untuk hidup dan berkembang biak ikan, akuarium sering difungsikan sebagai penghias ruangan dan penyaluran hobi. Secara fisik, kolam kaca ini hanya bersifat sebagai sebuah tempat atau wadah.

Memelihara ikan di dalam aquarium adalah hobi yang cukup populer. Dalam memelihara ikan, baik itu ikan air tawar ataupun ikan air laut tentu kita membutuhkan aquarium. Aquarium ini bisa digunakan untuk merawat ikan air tawar, air laut, atau bisa juga digunakan untuk membuat aquascape.

Aquascape adalah sebuah seni yang mengatur tanaman, air, batu, karang, kayu dan lain sebagainya. Seni ini menggunakan media di dalam kotak kaca atau aquarium. Fokus dari aquascape bukanlah pada jenis ikannya, melainkan pada ekosistem yang ada didalam aquarium.

cara melepas lem kaca pada aquarium

Memelihara ikan selain mudah dan tidak merepotkan ternyata memberi manfaat untuk kesehatan. Suara gemericik air akuarium memang sangat menenangkan dan membuat serasa berada di alam. Itulah mengapa manfaat akuarium bagi kesehatan Anda tidak perlu diragukan lagi.

Selain untuk merawat ikan, aquarium juga bisa digunakan untuk merawat hewan lain seperti, reptil, amfibi dan hewan pengerat.

Selain memperindah ruangan, memelihara ikan sebagai hewan peliharaan di rumah bisa membebaskanmu dari stres, membuat pikiran rileks, bahkan mendatangkan hoki bagi pemilik hunian jika memelihara jenis ikan tertentu. Wajar jika kamu perlu mengetahui cara membuat aquarium sederhana untuk tempat tinggal ikan tersebut.

Saat membuat aquarium tentu harus didesain sedemikian rupa sesuai dengan apa yang akan kita terapkan pada aquarium tersebut. Tetapi aquarium yang sudah selesai dibuat, selalu saja ada yang salah atau terlewatkan bahkan kurang puas dengan bentuknya, padahal aquarium tersebut sudah dilem menggunakan lem kaca paling kuat.

Kali ini kami akan membahas tentang cara melepas lem kaca aquarium dengan mudah tanpa membuat kaca aquarium retak atau pecah.

Saat melepaskan  lem kaca di aquarium Anda harus sabar dan tidak buru-buru, karena jika salah menekan sedikit saja kaca bisa retak bahkan pecah. Baik, langsung saja kita bahas cara melepas lem kaca dibawah ini.

Cara Melepas Lem Kaca Pada Aquarium

Alat yang digunakan

Untuk melepaskan lem kaca sediakan beberapa alat yang akan kita gunakan :

1. Benang pancing atau senar pancing
2. Cutter kecil tajam atau silet tajam
3. Thinner

Cara Melepaskan List Aquarium

Jika aquarium Anda tidak menggunakan list aquarium, lewati tahap ini dan langsung menuju tahap cara membuka lem kaca dibawah.

1. Gunakan thinner terlebih dahulu untuk mempermudah proses melepaskan lem. Tetes-tetes thinner pada celah-celah list aquarium agar lem silent melunak. Penggunaan thinner ini bebas, bisa pakai bisa tidak. Thinner lebih mempermudah pekerjaan untuk melepaskan lem Silikon Sealant. Karena thinner dapat melunakkan bahan-bahan yang keras menjadi lebih lunak.

2. Siapkan cutter berukuran kecil yang tajam atau menggunakan silet yang lebih tipis. Lalu perlahan-lahan kerok atau belah Lem Silikon Sealant yang melekat pada list kaca aquarium. Buat jalur untuk memudahkan dalam melepaskan lem silikon sealantnya pada lis aquarium.

3. Siapkan benang pancing atau benang apa saja yang tipis dan kuat, ukuran benang yang akan digunakan 0.30 mm, mungkin jika lebih tipis akan mudah lebih cepat masuk ke celah, tetapi akan lebih rapuh juga jadi kira-kira ukuran yang terbaik baik bagi kisaran 0,26 mm-0,30 mm. setelah benang pancing siap lalu gunakan benang untuk memotong lem silikon sealant pada celah-celah list aquarium, gesekkan lem silikon sealant menggunakan benang pada lem silikon sealant pada list aquarium secara perlahan, kuat, dan hati-hati.

4. Setelah lem terpotong sempurna, lepas secara perlahan list dari aquarium. Jika masih ada sisa lem silikon yang menempel, potong lem silikon sealant yang masih menempel dengan cutter atau silet.

5. Jangan memaksa melepaskan list aquarium dari aquarium jika lem silikon sealant masih menempel dengan kuat. Jika lem silikon sealant masih menempel dengan kuat, beri thinner lagi agar lem silikon lebih lunak.

Source : dekoruma.com

Cara Melepaskan Kaca Aquarium

1. Gunakan thinner terlebih dahulu untuk mempermudah proses melepaskan lem. Oles-oles menggunakan kuas pada lem silent dengan thinner agar mudah mengelupas. Penggunaan thinner ini bebas, bisa pakai bisa tidak. Thinner lebih mempermudah pekerjaan untuk melepaskan lem Silikon Sealant. Karena thinner dapat melunakkan bahan-bahan yang keras menjadi lebih lunak.

2. Lalu siapkan cutter berukuran kecil yang tajam atau menggunakan silet yang lebih tipis. Lalu perlahan-lahan kerok atau belah Lem Silikon Sealant yang melekat. Buat jalur untuk memudahkan dalam melepaskan lem silikon sealantnya pada kaca aquarium.

3. Siapkan benang pancing atau benang apa saja yang tipis dan kuat, ukuran benang yang akan digunakan 0.30 mm, mungkin jika lebih tipis akan mudah lebih cepat masuk ke celah, tetapi akan lebih rapuh juga jadi kira-kira ukuran yang terbaik baik bagi kisaran 0,26 mm-0,30 mm. setelah benang pancing siap lalu gunakan benang untuk memotong lem silikon sealant pada sekat-sekat kaca, gesekkan lem silikon sealant pada benang pada lem silikon sealant pada kaca secara perlahan, kuat, dan hati-hati.

4. Setelah lem terpotong sempurna coba geser-geser kaca perlahan, potong lem silikon sealant yang masih menempel dengan cutter atau silet.

5. Jangan memaksa melepaskan kaca aquarium dari aquarium jika lem silikon sealant masih menempel dengan kuat. Jika lem silikon sealant masih menempel dengan kuat, beri thinner lagi agar lem silikon lebih lunak.

Itu dia cara melepaskan silikon sealant pada aquarium. Perlu kesabaran dan kehati-hatian dalam melepaskan sealant aquarium. Dengan begitu, kaca pada aquarium bisa dilepas tanpa retak dan pecah.

Selain untuk melepas lem kaca pada aquarium cara ini bisa bisa digunakan untuk berbagai keperluan, misalnya cara melepas lem kaca film pada mobil, melepas lem kaca pada perabotan dan cara melepas lem besi.

Bagi Anda yang mencari Silicone Sealant untuk kaca, kami menyediakan Silicone sealant sebagai bahan untuk perekat dengan berbagai varian untuk kebutuhan yang berbeda-beda. Tentu dengan harga yang lebih menarik dan kompetitif, ini dikarenakan silicone sealant yang kami jual merupakan merek PT. Grha Sentosa Alam sendiri, yaitu merek GRH.

Terima kasih telah membaca artikel Cara Melepas Lem Kaca Pada Aquarium sampai akhir. Semoga bermanfaat dan dapat memberikan solusi bagi Anda yang ingin melepaskan lem kaca pada aquarium.

PT.GRHA SENTOSA ALAM

🏫 Jl Soekarno Hatta Komplek Sentral Bisnis B-15, Tengkerang Barat, marpoyan Damai, Kota Pekanbaru, Riau 28124

📞 0853-6523-0091 (Wati)
📞 0853-6231-3051 (Suci)

🌐 http://www.acpgoodsense.com
🔴 https://www.instagram.com/acpgoodsense
🔵 https://www.facebook.com/distributorACPdanSiliconsealantGoodsensedanGRH
🌏 https://goo.gl/maps/gjGLzprSdiSPsvMQ6