Begini Cara Memilih ACP Sesuai Kebutuhan

4 min read

memilih acp

Aluminium Composite Panel (ACP) merupakan salah satu jenis material penutup dinding, plafon, dan facade /dinding luar bangunan. Beragam jenis dan produk ACP sangat mudah ditemukan dengan harga yang bervariasi. Bagi Anda yang baru mengenal produk ACP, pada artikel ini kami akan membagikan cara memilih ACP yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Aluminium Composite Panel

Aluminium Composite Panel adalah material yang digabungkan dan di padukan antara plat Alumunium dan bahan composite. Aluminium Composite Panel (ACP) dapat di gambarkan sebagai panel datar. Bahan Aluminium Composite Panel terdiri dari 3 lapisan, yaitu aluminium dan bahan core biji plastik murni di campur dengan bahan core recycle ataupun bahan kimia FR untuk tipe ACP fire retardant.

ACP adalah material yang dibutuhkan pada setiap konstruksi bangunan, baik untuk kepentingan pribadi maupun untuk bangunan komersial. Produk luar biasa ini menawarkan solusi tak terhingga untuk para arsitek gedung dan kepada Anda yang menginginkan penampilan baru bagi bangunan Anda.

Aluminium composite panel (ACP) merupakan material berupa plat datar yang terbuat dari polyethylene (PE) dan dilapisi dengan aluminium di kedua sisinya. Material ini umumnya digunakan sebagai pelapis dinding eksterior untuk menonjolkan kesan artistik dan megah pada fasad bangunan komersial seperti pusat pertokoan, pusat bisnis, hotel, atau ruko. Biasa dikombinasikan dengan kaca, papan reklame, atau panel kanopi. Pada dinding interior, ACP biasa diaplikasikan sebagai plafon artistik, partisi, atau penutup kolom. Jenis ACP yang digunakan juga berbeda, ACP PE (polyester) lebih banyak digunakan untuk dinding interior. Sedangkan untuk dinding eksterior, jenis ACP yang digunakan adalah PVDF (polyvinyl defluoride).

Jenis-Jenis ACP

Jenis ACP menurut lapisan catnya terdiri dari 2 macam, yaitu :

  1. Jenis Polyester (PE)
    Jenis Polyester (PE) biasanya banyak digunakan untuk interior bangunan. ACP tipe PE lebih murah di pasaran dikarenakan lebih tipis yang hanya menggunakan 1 kali lapisan. Interior yang dapat menggunakan jenis Polyester seperti kitchen set, lemari, meja dan lain sebagainya.
  2. Jenis PVDF (Poly Vinyl De Flouride)
    Jenis PVDF (Poly Vinyl De Flouride) biasa digunakan untuk eksterior bangunan. Hal ini karena jenis PVDF  memiliki keunggulan tahan terhadap segala jenis cuaca. Hal inilah yang membuat warna dapat lebih tahan lama meksipun terkena hujan dan panas. Untuk eksterior, PVDF lebih direkomendasikan dibanding jenis Polyester (PE).

Apa kelebihan material ACP (Aluminium Composite Panel)?

  1. Tahan benturan mempunyai ketahanan yang tinggi. Permukaan anti gores dan tidak akan pecah jika dilengkungkan sampai sudut tertentu, kuat dan tahan lama.
  2. Tahan cuaca.Tahan terhadap serangan asam, garam, korosi, dan sinar ultra violet.
  3. Ringan dan mudah diproses. Dengan berat kurang dari 6 kg/m2 untuk ketebalan panel 4 mm merupakan material yang cukup ringan sehingga mudah dalam pengerjaannya. Selain itu proses pemotongan, pemangkasan, pengeboran, dapat dilakukan dengan mudah hanya menggunakan alat yang sederhana.
  4. Tahan api. Hal ini karena bagian tengahnya atau material core-nya mempunyai ketahanan api yang baik, selain itu kedua sisinya yang berbahan aluminium juga tidak mudah terbakar.
  5. Banyak pilihan warna. Tersedia dalam bermacam-macam warna standard dan warna metalic, kadang untuk merek tertentu dengan minimal jumlah kebutuhan yang ditentukan, dapat memesan warna khusus sesuai permintaan konsumen.
  6. Mudah Pemeliharaannya. Memiliki kemampuan untuk membersihkan diri sendiri (self cleanning) jadi tidak perlu dibersihkan lagi. Tetapi pada area dengan tingkat polusi sangat tinggi mungkin perlu dibersihkan dengan menggunakan detergen biasa.

Kenali Penggunaan ACP

memilih acp

Perlu Anda ketahui saat memilih ACP, bahwa tidak semua material ACP dapat digunakan untuk kebutuhan eksterior dan interior. Masing-masing kebutuhan akan membutuhkan spesifikasi yang berbeda. Berikut perbedaannya.

Penggunaan Eksterior

Jika Anda membutuhkan ACP untuk eksterior bangunan, Anda dapat menggunakan ACP dengan ketebalan 4mm. ACP untuk eksterior menggunakan lapisan Poly Vinyl De Flouride atau disingkat PVDF. ACP dengan lapisan PVDF akan tahan terhadap cuaca, sehingga warna yang ditampilkan tidak akan pudar.

Penggunaan Interior

Jika Anda membutuhkan ACP untuk keperluan interior, Anda dapat menggunakan ACP dengan ketebalan 3mm. ACP dengan ketebalan 3mm cocok digunakan untuk kebutuhan interior karena bahannya yang lebih ringan dibandingkan ACP 4mm. Berbeda dengan ACP eksterior yang dilapisin dengan PVDF, ACP untuk interior ini dilapisi dengan Polyester atau disingkat PE.

ACP dengan lapisan PE tidak tahan terhadap perubahan cuaca. Sehingga sangat disarankan untuk penggunaan interior. Jika Anda terpaksa menggunakan ACP PE untuk eksterior bangunan, gunakanlah ACP dengan warna warna yang cerah. Karena ACP dengan warna yang cerah, lebih lama untuk memudar.

Kenali Tinggi Dan Lingkungan Bangunan Anda

memilih acp

Khusu untuk penggunaan eksterior, Anda perlu mengetahui spesifikasi ACP yang sesuai dengan tinggi bangunan Anda. Karena semakin tinggi bangunan, semakin berat pula tekanan udara yang akan diterima oleh bangunan. Berikut spesifikasi ACP berdasarkan tinggi bangunan.

  1. ACP Alloy 1100 digunakan untuk bangunan dengan jumlah lantai 1 sampai 7 lantai.
  2. ACP Alloy 3003 digunakan untuk bangunan dengan jumlah lantai 7 sampai 22 lantai.
  3. ACP Alloy 5005 digunakan untuk bangunan dengan jumlah lantai 23 ke atas.

Khusus untuk di daerah sekitaran pantai disarankan menggunakan ACP dengan alloy 5005, terlepas dari ketinggian yang dimiliki bangunan. Karena ACP dengan alloy 5005 memiliki ketahanan terhadap korosi yang bisa ditimbulkan oleh air laut.

Kenali Kebutuhan Warna Anda

Setelah mengetahui kebutuhan Anda adalah eksterior atau interior, Anda perlu memilih warna yang sesuai dengan bangunan Anda. ACP memiliki banyak variasi warna. Mulai dari warna warna primer, sekunder dan netral seperti putih, hitam, merah, kuning, hijau dan biru, hingga warna warna tersier seperti ivory, silver, gold, maroon dan banyak lagi.

Selain warna, ACP juga memiliki banyak motif. Seperti motif walnut, teak, pine dan beech dari motif kayu serta motif marmer seperti, emperador, imperial red, arbecasto, dan black marble.

Anda bebas memilih warna atau motif apa yang sesuai dengan eksterior atau interior Anda.

Sesuaikan Budget Anda

memilih acp

Budget merupakan prioritas utama bagi sebagian orang khususnya dalam memilih acp. Dengan adanya batasan budget atau anggaran, Anda dapat meminimalisir pengeluaran yang tidak perlu. Dengan mengetahui 3 tips memilih ACP diatas, Anda dapat memperhitungkan berapa budget yang Anda harus keluarkan untuk bangunan Anda.

Harga ACP

Yang menjadi nilai tambah dari penggunaan material ACP ini yaitu tampilan yang dapat menjadikan bangunan lebih mewah dan tidak membosankan. Karena di dukung dengan berbagai warna mulai dari warna normal hingga motif seperti :

  1. Normal Doff
  2. Normal Glossy
  3. Motif Marble
  4. Motif Wood
  5. Motif Brush
  6. Mirror

Beberapa warna khusus diatas pastinya mempengaruhi harga panel ACP yang berbeda beda dari warna ACP normal. Standart ukuran lebar dan panjang ACP ini adalah 1,22 M x 2,44 M. Jadi lebih mempermudah saat melakukan pasang dan tergolong jenis material yang ringan, namun tetap dalam kekuatan yang sangat baik.

Aluminium Composite Panel pada umumnya dijual per lembar. Material ACP tahan terhadap goresan serta benturan, sehingga penggunaan ACP pada bangunan dapat menghemat pengeluaran Anda dalam jangka panjang.

NO JENIS HARGA
1
ACP PE
200-500 ribuan
2
ACP PVDF
600-700 ribuan

Harga diatas dapat berubah sewaktu waktu berdasarkan harga dollar di pasaran. Warna dan motif akan mempengaruhi harga ACP, jadi pastikan jenis ACP apa yang Anda butuhkan sebelum membeli ACP.

Bagi Anda yang mencari Aluminium Composite Panel (ACP) berkualitas dengan harga yang ramah di kantong, kami menyediakan Aluminium Composite Panel (ACP) sebagai material bangunan Anda. Tentu dengan harga yang lebih menarik dan kompetitif, ini dikarenakan Aluminium Composite Panel (ACP) yang kami jual merupakan merek GOODSENSE dan merek GRH. Aluminium Composite Panel (ACP) yang sudah teruji kualitasnya.

Anda bisa mendapatkan produk ACP GOODSENSE dan GRH di toko bangunan terdekat atau distributor resmi ACP GOODSENSE dan GRH yaitu PT. GRHA Sinar Arya. Silakan hubungi kami untuk pemesanan ACP GOODSENSE dan GRH.

Terima kasih telah membaca artikel ini sampai akhir. Semoga bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan Anda tentang Cara Memilih ACP Sesuai Kebutuhan. Nantikan berbagai tips dan inspirasi-inspirasi lainnya hanya di acpgoodsense.com.

PT. GRHA SINAR ARYA

Medan : 0853 6291 0099
Pekanbaru : 0853 6523 0091 atau 0853 6231 3051
Jakarta : 0812 8701 5088
Semarang : 0811 2824 322
Surabaya : 0811 3597 718
Makassar : 0852 9994 4478

Sosial media kami :