Mengenal Aluminium Composite Panel (ACP) Dan Fungsinya

Perkenalan

Alumunium Composite Panel atau ACP merupakan material yang digabungkan dan di padukan antara plat Alumunium dan bahan composite. Aluminium Composite Panel ( ACP) dapat digambarkan sebagai panel datar yang terdiri dari 3 lapisan, yaitu aluminium dan bahan core biji plastik murni dicampur dengan bahan core recycle ataupun bahan kimia FR untuk tipe ACP fire retardant.

foto-aluminium-composite-panel

Lembar aluminium dapat dilapisi dengan cat PVDF atau Polyester. Digunakan untuk Interior dan exterior bangunan, juga digunakan untuk perabotan, dan lainnya. Mari kita bahas lebih dalam lagi..

Jenis-jenis Aluminium Composite Panel

Menurut lapisan catnya Aluminium Composite Panel atau ACP dibagi menjadi 2 macam, yaitu jenis Polyester (PE) yang biasanya banyak digunakan untuk interior, dan jenis PVDF (Poly Vinyl De Flouride) yang biasanya di gunakan untuk eksterior, karena jenis PVDF ini tahan dari segala jenis cuaca, sehingga lapisan warna dapat bertahan lebih lama dibandingkan dengan jenis Polyester.

Alumunium Composite panel atau ACP ini memiliki sifat dan daya tahan yang kuat terhadap air dan berbagai macam cuaca, oleh karena itu ACP banyak digunakan untuk panel pelapis dinding dari suatu bangunan baik in door ataupun out door, selain untuk aplikasi dinding ACP juga dapat digunakan dalam berbagai macam aplikasi salah satunya sebagai perangkat interior dan eksterior seperti perabotan rumah tangga hingga plavon rumah.

komponen ACP

Alumunium composite panel memiliki ketebalan 4 mm. Aluminium composite panel akan membuat gedung lebih menawan dan terkesan mewah. Aluminium Composite panel memiliki berbagai macam warna yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Dengan adanya banyak pilihan warna, tentu desain interior atau eksterior bangunan akan semakin indah untuk dipandang dong.

warna dan motif aluminium composite panel (acp)

Pengaplikasian Aluminium Composite Panel

Biasanya ACP menjadi bahan utama dalam membangun sebuah gedung yang besar dan bertingkat, tapi tidak sebatas itu saja. ACP juga bisa digunakan untuk desain interior bangunan loh, kamu dapat membacanya di artikel ini. Berikut adalah beberapa kegunaan ACP :

  • Interior dan exterior bangunan baru atau lama.
  • Gedung bertingkat tinggi (high rise building).
  • Pesawat ruang angkasa.
  • SPBU.
  • Pertokoan (ruko).
  • Perkantoran.
  • Dealer otomotif.
  • Papan iklan.
  • Billboards.
  • Display unit.
  • Kitchen set (bisa dilihat disini)
  • Kamar mandi, dll.

Kenapa Harus Menggunakan ACP?

Apa sih keunggulan ACP itu?

Keunggulan dari bahan Aluminium composite panel ini adalah memiliki berat yang lebih ringan, akan tetapi dengan kekuatan yang lebih tinggi, lebih tahan karat, dengan biaya perakitan yang lebih murah karena berkurangnya jumlah komponen perakitannya dan tidak memerlukan baut-baut penyambung dong.

Sifat dasar aluminium composite panel adalah keras dan kaku tetapi ringan. Dilapisi aluminium yang dapat diwarnai dengan bermacam-macam warna. Aluminium composite panel dipakai secara luas dengan atau tidak dengan warna metalik, juga dapat memakai pola warna imitasi dari material lain seperti kayu dan marmer.

Untuk mendapatkan hasil yang bagus tentu kamu harus pintar juga dong dalam memilih merk yang berkualitas dan tentunya dapat di pertanggung jawabkan, seperti memiliki garansi tertulis atau semacamnya, karena ACP akan digunakan dalam waktu yang sangat panjang. Jadi jangan salah pilih ya.

3 Komentar

  1. […] kamu belum tahu apa itu ACP, kamu bisa membacanya dulu disini. Pada artikel tersebut telah kami ulas tentang pengertian ACP, dijamin kamu bakal paham […]

  2. […] kamu mengenal apa itu ACP atau kepanjangannya adalah Aluminium Composite Panel pada artikel sebelumnya, sekarang tentu kamu pasti pengen tahu dong kira-kira dimana ya toko atau distributor yang jual acp […]

  3. […] seperti Pekanbaru (Riau), Medan, Dan beberapa daerah di Pulau Jawa dan kalimantan. Kami menawarkan Aluminium Composite Panel dengan merk GOODSENSE dan GRH yang telah berpengalaman selama lebih dari sepuluh tahun dan berfokus […]

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *