Tips Memilih ACP Aluminium Composite Panel

2 min read

tips memilih acp

ACP (Aluminium Composite Panel) kini semakin banyak digunakan sebagai material finishing bangunan. Pemakaian ACP akan membuat bangunan nampak lebih menarik dan eye-catching. Hal ini berkat kesan yang dapat diciptakan oleh ACP antara lain bangunan terlihat menjadi lebih modern, futuristik, mewah, dan berkelas. Tingginya minat masyarakat terhadap ACP ini pada akhirnya mendorong produsen untuk membuat ACP dengan pilihan karakteristik yang bermacam-macam. Pada artikel kali ini kami akan membahas tentang Tips Memilih ACP Aluminium Composite Panel.

Aluminium Composite Panel

Aluminium Composite Panel (ACP) merupakan salah satu jenis material penutup dinding, plafond, dan facade /dinding luar bangunan. Material ini terdiri dari material core yang dilapisi aluminium pada kedua sisinya dan dipress sehingga menjadi satu kesatuan.

Aluminium Composite Panel (ACP)  secara umum terbagi menjadi dua bagian besar yaitu untuk penggunaan dalam ruang(indoor) atau luar ruangan (outdoor) dengan perbedaan pada ketebalan lapisan aluminium dan finishing coatingnya. Untuk luar ruangan seperti facade bangunan menggunakan finishing coating PVDF sedangkan untuk dalam ruangan biasa menggunakan finishing Polyester.

Apabila terhambat biaya dan terpaksa menggunakan tipe PE untuk outdoor, maka dianjurkan untuk memilih warna-warna Aluminium Composite Panel yang relatif terang. Warna terang lebih tahan terhadap cuaca dibandingkan warna – warna gelap yang akan langsung pudar dalam waktu singkat.

Tips Memilih Material ACP

Yang harus diperhatikan dalam memilih produk material ini adalah merek produknya, tentunya merek Aluminium Composite Panel yang berkualitas sangat baik dan bermutu tinggi dengan harga terjangkau adalah merek Aluminium Composite Panel GOODSENSE.  Jenis material core-nya, ketebalan total panelnya, ketebalan lapisan aluminiumnya, serta jenis dan ketebalan finishing coatingnya. Itulah beberapa hal tersebut yang sangat menentukan kualitas Aluminium Composite Panel.

Sesuaikan Jenis ACP dengan Lokasi Pemasangannya

ACP untuk penerapan di lingkungan indoor berbeda dengan ACP untuk outdoor. Walaupun bentuk dan ketebalan kedua jenis ACP ini sama saja yakni 4 mm, tapi pada dasarnya ada perbedaan yang mendasar dari keduanya. Perbedaan utamanya terletak pada bahan pelapis luar dari ACP-ACP tersebut. ACP untuk outdoor dilapisi dengan Polyvinylidene Difluoride (PVDF). Sedangkan ACP untuk pemasangan di dalam bangunan dilapisi memakai Polyester (PE).

ACP dengan pelapis PE biasanya dibanderol dengan harga yang lebih murah sebab prodses produksinya hanya menggunakan sekali pelapisan saja. Akan tetapi, ketahanan ACP ini terhadap cuaca ekstrem dan sinar ultraviolet tidak terlalu baik. Sedangkan ACP dengan finishing PVDF mampu bertahan lama, awet, dan tidak cepat rusak meskipun harganya juga lebih mahal. Jika Anda terpaksa memakai ACP PE untuk outdoor, pilihlah warna-warna yang cerah sehingga tahan terhadap cuaca dan tak cepat pudar.

tips memilih acp

Pilihlah Ketebalan Material ACP yang Tepat Guna

Pilihlah ACP yang memiliki ketebalan yang tepat sesuai perencanaannya. Secara umum, pilihan tingkat ketebalan ACP yang tersedia di pasaran antara lain 0.21 mm, 0.3 mm, dan 0.5 mm. Keterangan angka-angka ini menunjukkan tingkat ketebalan bahan aluminium yang digunakan. Contohnya yaitu ACP 0.5 mm artinya ACP tersebut mempunyai ketebalan aluminium berukuran 0,5 mm. Semakin tebal material aluminium yang dipakai, maka semakin kuat pula ACP tersebut dan harganya pun semakin tinggi.

Ruko yang mempunyai 2-4 lantai cukup menggunakan ACP tipe 0,21 mm atau 0,3 mm karena beban fisik bangunan terhadap angin dan hujan tak terlalu besar. Secara teoritis, ACP tipe-tipe ini juga masih dapat diimplementasikan pada bangunan setinggi 6 lantai. Sementara untuk bangunan yang memiliki lebih dari 6 lantai disarankan menggunakan ACP tipe 0,5 mm untuk memastikan ketahanan beban fisik. Sehingga walaupun anggarannya mahal, tetapi pemilihan ini lebih hemat karena ACP-nya awet.

Bagaimana Kelebihan Material ACP?

Penggunaan Aluminium Composite Panel(ACP) umumnya untuk facade bangunan (dinding luar bangunan) yang dikombinasi dengan penggunaaan kaca (curtainwall), panel penutup rangka kanopi, papan petunjuk dan billboard. Untuk pekerjaan interior kadang ACP digunakan untuk untuk panel penutup partisi, penutup kolom, dan juga untuk plafond.

  1. Tahan benturan mempunyai ketahanan yang tinggi. Permukaan anti gores dan tidak akan pecah jika dilengkungkan sampai sudut tertentu, kuat dan tahan lama.
  2. Tahan cuaca.Tahan terhadap serangan asam, garam, korosi, dan sinar ultra violet.
  3. Ringan dan mudah diproses. Dengan berat kurang dari 6 kg/m2 untuk ketebalan panel 4 mm merupakan material yang cukup ringan sehingga mudah dalam pengerjaannya. Selain itu proses pemotongan, pemangkasan, pengeboran, dapat dilakukan dengan mudah hanya menggunakan alat yang sederhana.
  4. Tahan api. Hal ini karena bagian tengahnya atau material core-nya mempunyai ketahanan api yang baik, selain itu kedua sisinya yang berbahan aluminium juga tidak mudah terbakar.
  5. Banyak pilihan warna. Tersedia dalam bermacam-macam warna standard dan warna metalic, kadang untuk merek tertentu dengan minimal jumlah kebutuhan yang ditentukan, dapat memesan warna khusus sesuai permintaan konsumen.
  6. Mudah Pemeliharaannya. Memiliki kemampuan untuk membersihkan diri sendiri (self cleanning) jadi tidak perlu dibersihkan lagi. Tetapi pada area dengan tingkat polusi sangat tinggi mungkin perlu dibersihkan dengan menggunakan detergen biasa.

tips memilih acp

Terima kasih telah membaca artikel ini sampai akhir. Semoga bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan Anda tentang Tips Memilih ACP Aluminium Composite Panel. Nantikan berbagai info dan inspirasi-inspirasi lainnya hanya di acpgoodsense.com.

PT. GRHA SINAR ARYA

Medan : 0853 6291 0099
Pekanbaru : 0853 6523 0091 atau 0853 6231 3051
Jakarta : 0811 9206 684 atau 0811 9206 883
Semarang : 0811 2824 322
Surabaya : 0811 3597 718
Makassar : 0852 9994 4478

Sosial media kami :