Lompat ke konten
Beranda » Model Tiang Teras Rumah Minimalis

Model Tiang Teras Rumah Minimalis

tiang teras rumah minimalis

Sebuah rumah akan lebih terlihat kokoh jika menggunakan tiang atau pilar di terasnya. Tiang adalah salah satu pendukung struktur rumah. Kegunaannya yaitu untuk penahan beban atap. Dengan makin berkembangnya dunia arsitektur, tiang pun banyak modelnya. Salah satu yang menjadi favorit adalah model tiang teras rumah minimalis.

Pilihan untuk memilih gaya rumah tergantung pada selera Anda. Misalnya rumah bergaya minimalis yang memiliki patio sempit dan kecil. Pemilik rumah pun akan memanfaatkan lahan yang ada untuk mempercantik rumah dengan membuat teras rumah yang nyaman. Teras bagi kita yang memiliki rumah bergaya minimalis akan menuntut untuk mendesain sedemikian rupa. Misalnya dengan menempatkan tiang penyangga. Pada umumnya tiang atau pilar untuk menopang fungsi bangunan yang tetap kokoh berdiri.

Ukuran tiang teras rumah didesain dengan perhitungan tersendiri agar sanggup menopang beban berat atap. Di samping memperhatikan ukuran, model tiang teras rumah juga perlu dipadupadankan supaya terlihat cantik sehingga sesuai dengan konsep desain rumah. Lalu apa saja pilihan model tiang teras rumah minimalis yang dapat digunakan?

Pilihan Model Tiang Teras Rumah Minimalis

1. Tiang Kayu

Desain tiang teras pertama yang menarik untuk diaplikasikan yaitu menggunakan material kayu. Tiang rumah berbahan kayu akan menghasilkan efek etnik, akrab, dan tidak begitu mencolok. Untuk konsep rumah minimalis, maka pilih tiang kayu tanpa tambahan hiasan. Karena berada di luar dan kemungkinan akan terkena panas dan cipratan air, tiang teras kayu harus dipilih yang keras. Biarkan warna asli kayu tetap dipertahankan agar terlihat unik dan kental nuansa alamnya.

2. Tiang Struktur Batu Bata

Tiang rumah dengan penyusun batu bata pun akan mengoptimalkan elemen dekoratif untuk rumah berkonsep desain minimalis. Model tiang teras rumah minimalis dari batu bata ini umumnya sengaja dibiarkan terekspos supaya aura industrial dapat terlihat mencolok. Namun, apabila ingin tetap mengecatnya maka hendaknya disesuaikan dengan warna dinding teras rumah.

tiang teras rumah minimalis

3. Tiang Struktur Beton

Bahan beton selalu dikaitkan dengan tampilan rigid, solid, dan natural. Beton pun dapat difungsikan untuk struktur tiang teras rumah. Untuk warnanya tak perlu dilakukan finishing, biarkan warna bawaannya yang abu-abu. Kita hanya perlu sedikit memoles agar bentuknya persis balok segi empat sebab ini pada dasarnya dibentuk dengan cor.

4. Tiang Stainless Steel

Berikutnya ada model tiang teras rumah minimalis yang dibuat dari logam yaitu stainless steel. Tentu saja stainless steel itu hanya menyelubungi struktur beton di dalamnya. Tiang dari logam pun mampu menciptakan nuansa kental minimalis teras rumah. Tampilan ini dapat dipadukan dengan  bahan kayu untuk penyusun atapnya.

5. Tiang Marmer

Tiang teras rumah dengan bahan marmer lazimnya kental dengan kesan klasik. Hanya saja, tiang rumah marmer pun dapat menjelma sebagai struktur kekinian yang menampilkan kesan modern. Caranya yaitu dengan menambahkan beberapa ornamen tambahan misalnya dalam bentuk ukiran. Untuk ditempatkan di teras rumah, tiang marmer akan langsung menghasilkan kesan mewah.

6. Tiang Vertikal

Di samping dari bahan logam, tiang teras rumah juga dapat didesain lain dari biasanya. Tentu dengan tujuan meningkatkan nilai estetika. Termasuk tiang teras rumah yang difungsikan juga untuk media taman vertikal. Taman vertikal dapat berfungsi menjadi area hijau di rumah untuk menambah udara segar. Rumah juga terlihat makin sehat sekaligus menghijau.

Tips Memilih Model Tiang Teras Rumah

Ada beberapa hal yang harus di perhatikan dalam memilih tiang untuk teras rumah. Memilih tiang yang baik untuk teras rumah harus memenuhi beberapa standar diantaranya :

1. Ketahanan Pilar Teras

Ketahanan pilar tergantung dari bahan yang digunakan. Misalnya jika ingin yang kokoh dan tahan lama serta bersifat klasik maka pilihlah kayu jati. Tapi kalau menginginkan jenis bahan yang unik maka pilihlah batuan. Anda pun bisa memilih material dari beton atau material marmer. Selain lebih keren untuk teras rumah, tiang berlapis marmer pun terlihat mewah.

2. Desain Pilar

Jika Anda lebih menyukai gaya desain klasik maka bisa memilih pilar dengan ukiran dari kayu. Tapi gaya minimalis pun bisa menggunakan bentuk persegi panjang tanpa hiasan ukiran. Tambahkan sentuhan warna senada dengan dinding, sehingga akan terlihat menarik.

3. Bahan yang digunakan

Material yang digunakan pada tipe rumah bergaya minimalis biasanya memanfaatkan bahan keras seperti semen. Namun jika bosan sebab sudah umum maka bisa memilih menggunakan material seperti batu dan besi. Asalkan desainnya unik dan sesuai dengan rumahnya pasti akan terlihat lebih menarik.

tiang teras rumah minimalis

Baca juga : Jenis Cat Tembok Yang Bagus

Terima kasih telah membaca artikel ini sampai akhir. Semoga bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan Anda tentang Model Tiang Teras Rumah Minimalis. Nantikan berbagai tips dan inspirasi-inspirasi lainnya hanya di acpgoodsense.com.

PT.GRHA SENTOSA ALAM

🏫 Jl Soekarno Hatta Komplek Sentral Bisnis B-15, Tengkerang Barat, Marpoyan Damai, Tengkerang Bar., Kec. Marpoyan Damai, Kota Pekanbaru, Riau 28282

📞 0853-6523-0091
📞 0853-6231-3051

Sosial media kami :