andi Penulis lepas yang sedang belajar main saham, suka menulis dan belajar hal-hal baru. Semoga kamu suka tulisan-tulisanku disini ya!

Inilah Jenis Cat Tembok yang Bagus Beserta Rekomendasi Warna

6 min read

Cat Tembok yang Bagus

Rumah Anda terbagi menjadi dua bagian, yaitu indoor dan outdoor. Pemilihan cat tembok untuk kamar berbeda dengan area luar. Anda membutuhkan cat interior untuk area indoor, sedangkan untuk outdoor Anda membutuhkan cat exterior. Keunggulan cat tembok pun beragam. Ada cat yang mudah dibersihkan, anti noda, hingga tahan cuaca ekstrem. Pada artikel kali ini kami akan berbagi tips kepada Anda tentang Jenis Cat Tembok yang Bagus Beserta Rekomendasi Warna.

Apa Itu Cat Tembok?

Cat Tembok yang Bagus

Cat adalah produk yang digunakan untuk melindungi dan memperindah (protective & decorative) suatu objek atau permukaan dengan melapisinya menggunakan suatu lapisan berpigmen maupun tidak berwarna (pernis). Cat dapat digunakan pada hampir semua jenis objek, antara lain untuk menghasilkan karya seni (oleh pelukis untuk membuat lukisan), salutan industri (industrial coating), bantuan pengemudi (marka jalan), atau pelindung (untuk mencegah korosi atau kerusakan oleh air).

Sebagai pelapis dekoratif, cat dapat digunakan untuk memperindah atau mengubah penampilan suatu permukaan. Sedangkan sebagai pelapis protektir, cat dapat digunakan untuk memberikan perlindungan dari sinar ultra violet, goresan, jamur, dan faktor-faktor pelapuk lainnya.

Cat tembok adalah salah satu pilihan finishing dinding yang sangat populer. Selain variasi pilihan warna yang banyak, pengaplikasian cat tembok juga terbilang lebih praktis. Namun, meskipun praktis, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar finishing cat tembok bisa sempurna dan tahan lama seperti kondisi permukaan tembok dan juga aplikasi cat dasar tembok.

Cat dasar tembok merupakan hal penting untuk memastikan cat tembok bisa lebih tahan lama serta memberikan warna yang lebih baik.

Jenis Jenis Cat Tembok

Cat Tembok yang Bagus

Tampilan rumah modern kekinian, tak terlepas dari pemilihan warna dan jenis cat yang digunakan pemilik rumah. Melalui smartphone, kita dapat dengan mudah mencari informasi mengenai warna yang diinginkan, merek cat, jenis catnya dan fungsinya sesuai dengan dana yang ada.

Semua itu agar cat yang dibeli tidak asal-asalan dan tepat guna, karena dapat berdampak pada keawetan dan lamanya cat itu bertahan pada bangunan kita. Selain itu, memilih cat tanpa mengetahui jenis dan peruntukanya bisa memberikan hasil berbeda dari yang diinginkan.

Secara umum, bahan baku cat modern terdiri dari empat bagian:

  1. Binder, merupakan komponen pokok dalam cat yang berfungsi sebagai bahan perekat, merekatkan lapisan cat pada medianya (mis: dinding semen, kayu atau besi). Bahan binder berperan membangun karakteristik lapisan cat atau coating. Binder cat umumnya terbuat dari resin. Resin tersusun dari senyawa polimer. Ada dua jenis polimer yang biasa dijadikan binder, yaitu:
  2. Solvent atau pelarut, merupakan bagian pada cat yang berfungsi untuk melarutkan bahan-bahan utama, yaitu binder, filler/pigmen dan additive. Solvent juga digunakan sebagai bahan mengencerkan cat sebelum diaplikasikan ke media.
  3. Filler atau pigment, merupakan bahan pengisi yang berfungsi sebagai komponen utama pembentuk lapisan cat yang memberikan tampilan warna. Komposisi bahan filler yang baik akan menciptkan sifat daya tutup cat yang baik.
  4. Additive, merupakan bahan tambahan untuk menjadikan cat mudah diaplikasikan dan hasilnya sesuai dengan keinginan.

Jenis cat berdasarkan binder yang digunakan

1. Cat Epoxy

Cat Epoxy merupakan cat dengan resin yang memiliki berat molekul rendah. Ciri khasnya adalah memiliki kandungan VOC (Volatile Organic Compound) yang rendah, tahan abrasi bahan kimia, lapisannya kokoh dan keras, serta daya rekat yang sangat bagus. Cat ini mampu menahan beban hingga 1000 ton/meter persegi.

2. Cat Polyurethane

Cat ini terbuat dari polimerisasi urethane. Ciri khas dari lapisan cat polyurethane adalah lapisan film yang keras, tahan panas, tahan goresan, serta tahan abrasi bahan kimia. Tampilannya memiliki daya kilap yang tinggi dan daya tutup bagus sehingga permukaan terlihat halus.

3. Cat Minyak

Sejarah mencatat bahwa cat minyak banyak digunakan sebagai elemen dekoratif pada bangunan di abad ke-17. Minyak diekstrak dari tumbuhan seperti bunga matahari. Cat yang terbuat dari minyak biji rami ini memang memiliki tampilan alami yang khas. Kandungannya yang terbuat dari minyak membuat cat ini tahan air, tahan terhadap hujan.

Salah satu kelemahan cat ini yakni pengeringannya memerlukan waktu yang lama, karena tergolong polimer dengan berat molekul rendah. Penggunannya sudah mulai jarang dan terbatas untuk keperluan tertentu seperti pengecatan kayu. Sejak perang dunia berakhir, jenis cat dari minyak biji rami ini mulai langka dan diganti oleh alkyd resin.

4. Alkyd Resin

Binder cat ini mulai digunakan secara komersial sejak pertengahan perang dunia ke-2. Karena semakin langkanya minyak biji rami, mendorong orang untuk menemukan material sintetis yang lebih cepat diproduksi, meterial sintetik yang ditemukan bernama Alkyd resin.

Alkyd resin terbuat dari campuran alkohol dan sejenis senyawa asam. Jenis cat yang menggunakan Alkyd resin umumnya menggunakan thinner sebagai bahan pelarutnya.

5. Cat Akrilik

Material akrilik termasuk polimer dengan berat molekul tinggi, sehingga waktu pengeringan terbilang cepat. Dengan pelarutnya berupa air, cat akrilik semakin populer dengan meningkatnya isu lingkungan terhadap limbah cat. Semakin rendah kadar VOC yang dihasilkan, semakin ramah juga jenis cat yang dihasilkan.

Jenis cat berdasarkan pelarutnya (Solvent)

Secara umum pelarut untuk membuat cat terbagi dalam tiga kategori besar, yaitu:

  • Cat Minyak, artinya cat tersebut menggunakan bahan pelarut berupa minyak rantai panjang. Jenis cat berpelarut minyak biasa disebut dengan istilah oil based paint.
  • Cat Thinner, artinya cat tersebut menggunakan thinner sebagai bahan pelarut utamanya. Jenis cat berpelarut thiner biasa disebut dengan istilah solvent based paint.
  • Cat Air, artinya cat tersebut menggunakan air sebagai bahan pelarut utamanya. Jenis cat berpelarut air biasa disebut dengan istilah water based paint.

Jenis cat berdasarkan Fillernya

Secara umum filler atau pigmen untuk membuat cat terbagi dalam dua kategori besar, yaitu:

  • Pigment Organik, merupakan pigment yang terbentuk dari senyawa-senyawa organik (karbon).
  • Pigment Anorganik, meupakan pigment yang terbentuk dari mineral-mineral atau garam-garaman logam yang terbentuk secara alami ataupun sintetis melalui reaksi kimia.

Tips Memilih Jenis Cat Tembok

jenis cat

Selain menyenangkan, mengecat dinding rumah sendiri tanpa bantuan tukang bangunan akan mengurangi pengeluaran Anda. Tentu saja karena Anda tidak perlu mengeluarkan uang jasa yang digunakan membayar tukang tersebut. Namun, sebelum mulai mengecat rumah, baiknya Anda mengetahui jenis cat apa yang cocok, agar Anda tidak salah membeli.

1. Cat Melamic

Berbagai eksterior rumah yang menggunakan memiliki bahan dasar kayu dapat diberi lapisan berupa cat melamic ini, karena memang cat melamic ini memiliki kandungan berupa alkyd dan resin amino yang berfungsi dalam menghaluskan, meratakan, serta membuat kayu menjadi lebih tahan lama. Hasil akhir setelah menggunakan cat melamic ini cenderung akan glossy atau mengkilap.

2. Cat Polyurethane

Salah satu jenis cat ini juga biasa disebut dengan cat PU. Cat ini biasanya digunakan pada bangunan dan digunakan agar mendapatkan finishing yang mengkilap atau glossy. Cat polyurethane memiliki kualitas yang baik dan tergolong premium. Selain itu, jenis cat ini juga sangat mampu menahan terjangan panas hingga berbagai bahan kimia. Alhasil, material yang dilapisi jenis cat ini akan menjadi anti terhadap goresan, kuat, dan keras.

3. Cat Zinc Chromate Primer

Ketika ingin mengcat pagar besi, ada bainya untuk memilih jenis cat zinc chromate primer. Hal ini bertujuan agar pagar besi menjadi lebih awet. Sebabnya karena cat ini membantu dalam melindungi besi dari korosi, sehingga tidak heran jika benda-benda besi yang diberi lapisan cat ini akan lebih tahan lama.

4. Cat Alkyd Syntetic

Jenis cat bangunan alkyd syntetic sangat baik digunakan untuk barang-barang atau objek luar ruangan maupun dalam ruangan rumah. Cat ini memiliki hasil akhir yang mengkilap atau glossy. Jenis cat ini juga memiliki banyak kelebihan, seperti tahan lama, mampu bertahan di segala macam cuaca yang ekstrim, anti jamur. Dan yang cukup menguntungkan, cat ini cukup baik jika menjadi lapisan bahan sepreti kayu dan besi.

5. Wall Sealer

Jenis cat ini sebenarnya berfungsi sebagai bahan lapisan dasar sebelum diberi lapisan berupa cat berwarna atau cat utama. Fungsi dari cat wall sealer adalah membuat pori-pori yang ada pada dinding terisi. Hal tersebut akan memberi dampak positif yaitu memberi hasil dinding menjasdi lebih halus dan proses pengecatan akhir juga menjadi lebih mudah dilakukan. Dan itulah mengapa sangat diperlukan pengetahuan mengenai berbagai jenis cat sesuai fungsinya.

Rekomendasi Warna Cat Tembok Yg Bagus

Cat Tembok yang Bagus

1. Warna Cat Beige Netral

Warna cat rumah netral beige tidak pernah ada masa kadaluwarsanya! Warna cat rumah sederhana ini paling cocok untuk kalian yang suka dengan warna basic dan ingin mencoba variasi lain selain putih atau abu.

2. Warna Cat Navy blue

Untuk rumah yang berukuran sederhana atau kecil, warna cat rumah sederhana yang direkomendasikan adalah biru laut. Dengan warna cat rumah sederhana ini, akan ada persepsi kedalaman tertentu yang elegan sekaligus membuat ruangan terasa lebih menawan.

3. Warna Cat Putih

Bukan rahasia lagi kalau warna cat rumah putih adalah warna favorit untuk diaplikasikan ke dinding. Untuk warna cat rumah sederhana pilihanmu, coba gunakan warna putih yang benar-benar putih tanpa ada gradasi atau tone biru, merah, atau hijau.

4. Warna Cat Biru Langit

Lagi mencari warna cat rumah sederhana khusus untuk kamar tidur atau kamar anak? Warna biru langit yang lembut bisa memberikan ketenangan yang identik dengan tidur nyenyak.

5. Warna Cat Peach

Pilihan peach sebagai warna cat rumah sederhana akan membuat ruangan di rumahmu menjadi glowing. Warna cat rumah sederhana ini juga bakalan ideal untuk kamar tidur.

Warna Cat Rumah Agar Terlihat Terang dan Luas

warna ruangan agar terlihat luas

1. Warna Putih

Selain mudah dikombinasikan dengan warna lain, warna putih selalu berhasil memberikan kesan bersih, luas, dan lapang ke dalam setiap ruang. Ruangan yang memiliki dinding berwarna putih juga akan terlihat lebih cerah, luas, dan terkesan bersih, terang, nyaman, serta tenang.

2. Warna Abu-Abu

Pemilihan warna cat berwarna abu-abu akan memberikan kesan klasik maupun modern ke dalam setiap ruang. Dan sebagai pelengkap, tambahkan aksesori dan hiasan berwarna cerah. Dengan demikian ruang tamu sempit akan benar-benar terlihat lebih luas.

3. Warna Biru

Memilih warna cat rumah biru langit juga akan membantu ruangan terasa lebih luas seketika.

Tips Memilih Kombinasi Warna Cat Rumah

kombinasi warna dinding rumah

1. Dusty pink dan abu-abu

Kombinasi warna antara dusty pink dan abu-abu ini menjadi salah satu warna favorit kaum wanita. Kesan klasik, lembut dan nyaman bisa kamu dapatkan dari dari contoh yang satu ini, terutama untuk ruangan yang sifatnya privasi seperti kamar tidur.

2. Biru aqua dan krem
Kombinasi cat rumah antara biru aqua dan krem dapat menyebarkan suasana sangat sejuk di rumah. Kombinasi warna ini akan mengingatkan kamu dengan suasana pantai yang sangat santai dan damai.

3. Warna indigo dan putih

Kombinasi selanjutnya adalah antara warna indigo dan putih yang terlihat tajam namun menciptakan suasana yang nyaman. Bagi kamu yang belum tahu, warna indigo merupakan sebutan untuk warna biru keunguan yang nuansanya lebih hangat.

4. Warna coklat & krim

Cat warna coklat yang dipadukan dengan warna krim dapat memberikan tampilan yang elegan dan hangat pada rumah. Kombinasi warna ini meningkatkan nilai estetika dan sangat cocok diterapkan pada rumah-rumah bergaya minimalis.

5. Orange dan putih

Orange adalah warna yang segar dan ceria. Orange yang dikombinasi dengan putih menciptakan suasana rumah yang penuh semangat menyegarkan mata. Jika kamu ingin sesuatu yang berbeda, coba deh pilih kombinasi cat rumah antara orange dan putih ini.

Estimasi Harga Cat Tembok Terbaru 2021

harga cat tembok

Harga cat tembok rumah jadi bahan pertimbangan yang penting bagi para pemilik hunian. Ada banyak produk dengan spesifikasi berbeda yang dapat kamu sesuaikan dengan bujet dan jenis ruangan atau area yang ingin dicat.

Kamu tidak perlu mencari merk mahal untuk mendapatkan cat tembok berkualitas. Banyak merek cat tembok di luar sana yang dijual dengan harga yang ramah di kantong, tetapi tidak kalah bagusnya dengan cat mahal.

Mulai dari harga 29.000 untuk ukuran 1kg, hingga 2.031.000 untuk ukuran 20 liter. Harga masing-masing ukuran akan berbeda antara merek satu dengan yang lain. Jadi sesuaikan dengan kebutuhan dan budget kamu yaa.

Terima kasih telah membaca artikel ini sampai akhir. Semoga bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan Anda tentang Jenis Cat Tembok yang Bagus Beserta Rekomendasi Warna. Nantikan berbagai tips dan inspirasi-inspirasi lainnya hanya di acpgoodsense.com.

PT.GRHA SENTOSA ALAM

🏫 Jl Soekarno Hatta Komplek Sentral Bisnis B-15, Tengkerang Barat, Marpoyan Damai, Tengkerang Bar., Kec. Marpoyan Damai, Kota Pekanbaru, Riau 28124

📞 0853-6523-0091 (Wati)
📞 0853-6231-3051 (Suci)

andi Penulis lepas yang sedang belajar main saham, suka menulis dan belajar hal-hal baru. Semoga kamu suka tulisan-tulisanku disini ya!