Apa Itu ACP?

2 min read

apa itu acp

Aluminium Composite Panel (ACP) sebagai salah satu material konstruksi pada bangunan komersial, seperti mall, hotel, atau gedung perkantoran. Pada artikel kali ini kami akan membahas tentang Apa Itu ACP?

Apa Itu ACP?

Aluminium Composite Panel adalah material yang digabungkan dan di padukan antara plat Alumunium dan bahan composite. Aluminium Composite Panel (ACP) dapat di gambarkan sebagai panel datar. Bahan Aluminium Composite Panel terdiri dari 3 lapisan, yaitu aluminium dan bahan core biji plastik murni di campur dengan bahan core recycle ataupun bahan kimia FR untuk tipe ACP fire retardant.

Aluminium composite panel (ACP) merupakan material berupa plat datar yang terbuat dari polyethylene (PE) dan dilapisi dengan aluminium di kedua sisinya. Material ini umumnya digunakan sebagai pelapis dinding eksterior untuk menonjolkan kesan artistik dan megah pada fasad bangunan komersial seperti pusat pertokoan, pusat bisnis, hotel, atau ruko. Biasa dikombinasikan dengan kaca, papan reklame, atau panel kanopi. Pada dinding interior, ACP biasa diaplikasikan sebagai plafon artistik, partisi, atau penutup kolom.

Jenis Aluminium Composite Panel

Aluminium Composite Panel (ACP) secara umum terbagi menjadi dua bagian besar yaitu untuk penggunaan dalam ruang (indoor) atau luar ruangan (outdor) dengan perbedaan pada ketebalan lapisan aluminium dan finishing coatingnya. Untuk luar ruangan seperti facade bangunan menggunakan finishing coating PVDF sedangkan untuk dalam ruangan seperti façade bangunan menggunakan finishing coating PVDF sedangkan untuk dalam ruangan biasa mengguakan finishing polyester.

Menurut cat dari bahan acp, komposit panel di bagi menjadi 2 macam, yaitu :

  1. Jenis Polyester (PE) yang biasanya banyak digunakan untuk interior bangunan. ACP tipe PE lebih murah di pasaran dikarenakan lebih tipis yang hanya menggunakan 1 kali lapisan.
  2. Jenis PVDF (Poly Vinyl De Flouride) yang biasanya diaplikasikan untuk eksterior bangunan. ACP jenis PVDF ini memiliki keunggulan tahan terhadap segala jenis cuaca. Hal inilah yang membuat warna dapat lebih tahan lama meksipun terkena hujan dan panas. Untuk eksterior, PVDF lebih direkomendasikan dibanding jenis Polyester (PE).

Alumunium Composite panel atau ACP ini memiliki sifat dan daya tahan yang kuat terhadap air dan berbagai macam cuaca, oleh karena itu ACP banyak digunakan untuk panel pelapis dinding dari suatu bangunan baik in door ataupun out door, selain untuk aplikasi dinding ACP juga dapat di gunakan dalam berbagai macam aplikasi salah satunya sebagai perangkat interior dan eksterior seperti perabotan rumah tangga hingga plavon rumah.

Aluminium composite panel akan membuat gedung lebih menawan dan terkesan mewah. Aluminium Composite panel memiliki berbagai macam warna yang dapat di sesuaikan dengan kebutuhan. Dengan adanya banyak pilihan warna, tentu desain interior atau eksterior bangunan akan semakin indah untuk di pandang. Selain warna, aluminium panel juga terdapat berbagai motif acp, seperti motif kayu, motif marmer dan motif brush.

apa itu acp

Apa yang harus diperhatikan dalam memilih material ACP?

Yang harus diperhatika dalam memilih produk material ini adalah merek produknya jenis material core-nya, ketebalan total panelnya ketebalan lapisan aluminiumnya serta jenis dan ketebalan finishing coatingnya. Itulah beberapa hal tersebut yang sangat menentukan kualitas dan harga dari material ACP.

Bagaimana Aplikasi Material ACP?

Penggunaan aluminium composite panel (ACP) umumnya untuk façade bangunan (dinding luar banguanan) yang dikombinasi dengan penggunaan kaca (curtainwall) panel penutup rangka kanopi papan petunjuk dan billboard. Untuk pekerjaan interior kadang ACP digunakan untuk panel penutup partisi, penutup kolam, dan juga untuk plafond.

Apa Kelebihan Aluminium Composite Panel?

  1. Tahan benturan mempunyai ketahanan yang tinggi. Permukaan anti gores dan tidak akan pernah pecah jika dilengungkan sampai sudut tertentu, kuat dan tahan lama.
  2. Tahan cuaca. Tahan terhadap serangan asam, garam, korosi, dan sinar ultra violet.
  3. Ringan dan Mudah Proses. Dengan berat kurang dari 6 kg/m2 untuk ketebalan panel 4mm merupakan material yang cukup ringan sehingga mudah dalam pengerjaannya. Selain itu proses pemotongan, pemangkasan, pengeboran, dapat dilakukan dengan mudah hanya menggunakan alat yang sederhana.
  4. Tahan api. Hal ini karena bagian atau material core-nya mempunyai ketahanan api yang baik, selain itu kedua sisinya yang berbahan aluminium juga tidak mudah terbakar.
  5. Banyak pilihan warna. Tersedia dalam bermacam-macam warna standard dan warna metallic.
  6. Mudah pemeliharaanya. Memiliki kemampuan untuk membersihkan diri sendiri (self cleaning) jadi tidak perlu dibersihkan lagi. Tetapi pada saat area dengan tingkat polusi sangat tinggi mungkin perlu dibersihkan dengan mengguakan detergen biasa.

 

Terima kasih telah membaca artikel ini sampai akhir. Semoga bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan Anda tentang Apa Itu ACP?. Nantikan berbagai tips dan inspirasi-inspirasi lainnya hanya di acpgoodsense.com.

PT. GRHA SINAR ARYA

Medan : 0853 6291 0099
Pekanbaru : 0853 6523 0091 atau 0853 6231 3051
Jakarta : 0811 9206 684
Semarang : 0811 2824 322
Surabaya : 0811 3597 718
Makassar : 0811 4441 0018

Sosial media kami :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.