Bangunan Tampak Modern Dengan ACP

2 min read

bangunan dengan acp

ACP biasa digunakan sebagai salah satu bahan material bangunan. Gedung-gedung pemerintah maupun swasta sudah menggunakan aluminium composit panel sebagai material bangunan mereka. Pada artikel kali ini, kita akan mengenal lebih jauh mengenai Bangunan Tampak Modern Dengan ACP.

Apa Itu ACP?

Aluminium Composite Panel adalah material yang digabungkan dan di padukan antara plat Alumunium dan bahan composite. Material ini umumnya digunakan sebagai pelapis dinding eksterior untuk menonjolkan kesan artistik dan megah pada fasad bangunan komersial seperti pusat pertokoan, pusat bisnis, hotel, atau ruko. Biasa dikombinasikan dengan kaca, papan reklame, atau panel kanopi. Pada dinding interior, ACP biasa diaplikasikan sebagai plafon artistik, partisi, atau penutup kolom.

Menurut cat dari bahan acp, komposit panel di bagi menjadi 2 macam, yaitu :

  1. Jenis Polyester (PE) yang biasanya banyak digunakan untuk interior bangunan. ACP tipe PE lebih murah di pasaran dikarenakan lebih tipis yang hanya menggunakan 1 kali lapisan.
  2. Jenis PVDF (Poly Vinyl De Flouride) yang biasanya diaplikasikan untuk eksterior bangunan. ACP jenis PVDF ini memiliki keunggulan tahan terhadap segala jenis cuaca. Hal inilah yang membuat warna dapat lebih tahan lama meksipun terkena hujan dan panas. Untuk eksterior, PVDF lebih direkomendasikan dibanding jenis Polyester (PE).

Aluminium composite panel akan membuat gedung lebih menawan dan terkesan mewah. Aluminium Composite panel memiliki berbagai macam warna yang dapat di sesuaikan dengan kebutuhan. Dengan adanya banyak pilihan warna, tentu desain interior atau eksterior bangunan akan semakin indah untuk di pandang. Selain warna, aluminium panel juga terdapat berbagai motif acp, seperti motif kayu, motif marmer dan motif brush.

Karakteristik ACP

Beberapa karakterisitik aluminium composite panel yang membuat materi ini menjadi idola di bidang konstruksi adalah:

  1. Tahan panas. Panel sandwich memiliki λ-nilai dari 0,024 W / (m • K) untuk poliuretan menjadi 0,05 W / (m • K) untuk wol mineral. Oleh karena itu, material ini dapat mencapai nilai-U yang berbeda tergantung pada inti dan ketebalan panel. Pemasangan sistem dengan panel sandwich meminimalkan jembatan termal melalui sambungan
  2. Isolasi akustik. Aluminium composite panel juga dapat berperan sebagai isolator untuk reduksi suara yang terletak pada kisaran. 25 dB untuk elemen PU dan kira-kira. 30 dB untuk elemen MW.
  3. Sifat tahan api. ACP memiliki perilaku resistansi dan reaksi terhadap api yang berbeda, tergantung pada: busa, ketebalan logam, lapisan, dll. Pengguna harus memilih antara jenis panel sandwich yang berbeda, sesuai kebutuhan. Penelitian oleh Association of British Insurers (Asosiasi Penjamin Asuransi Inggris) dan Building Research Establishment (Lembaga Penelitian Bangunan) di Inggris menyoroti bahwa panel sandwich tidak mengakibatkan kebakaran, meskipun telah terlibat dalam penyebaran api. Api sering kali dimulai di daerah berisiko tinggi seperti sebagai area memasak, kemudian menyebar sebagai akibat dari manajemen risiko kebakaran, pencegahan, dan sistem pengaman api yang buruk. Ada bukti bahwa ketika panel sandwich digunakan untuk memadatkan bangunan, panel ini dapat berkontribusi pada penyebaran api yang cepat di luar gedung. Adanya rongga antara kelongsong dan dinding luar bangunan (atau sarung insulasi) juga signifikan: api dapat menempati rongga dan ditarik ke atas oleh konveksi yang mengakibatkan kebakaran sekunder, terlepas materi apa yang digunakan untuk melapisi rongga.
  4. Impermeabilitas (kemampuan kedap air). Sistem perakitan panel sandwich membantu menciptakan bangunan yang kedap udara dan kedap air.

bangunan dengan acp

Kenapa Harus Menggunakan ACP?

  • Permukaan yang rata dan halus sehingga mudah untuk dibersihkan
  • Mempunyai daya tahan yang cukup tinggi terhadap cuaca dan iklim
  • Ringan, kuat dan tahan karat
  • Bahan yang bagus untuk dekorasi baik eksterior maupun interior
  • Mudah diaplikasikan dalam berbagai desain konsep modern
  • Memiliki berbagai jenis warna dan motif
  • Composite mudah dibentuk, dilipat, dibor dan dilengkungkan dengan menggunakan peralatan konvensional ataupun peralatan sederhana lainnya
  • Bahan intinya yang memiliki varian tahan api

Harga Aluminium Composite Panel

Aluminium Composite Panel pada umumnya dijual per lembar. Material ACP tahan terhadap goresan serta benturan, sehingga penggunaan ACP pada bangunan dapat menghemat pengeluaran Anda dalam jangka panjang.

Harga dinding aluminium composite panel cukup beragam, dan didasarkan pada jenis, ketebalan dan panjang dari ACP itu sendiri. Harganya mulai dari 200 ribuan hingga 700 ribuan perlembar. Harga dapat disesuaikan dengan jumlah pembelian.

NO JENIS HARGA
1
ACP GRH
200-500 ribuan
2
ACP GOODSENSE
600-700 ribuan

Harga diatas dapat berubah sewaktu waktu berdasarkan harga dollar di pasaran. Warna dan motif akan mempengaruhi harga ACP, jadi pastikan jenis ACP apa yang Anda butuhkan sebelum membeli ACP.

 

Terima kasih telah membaca artikel ini sampai akhir. Semoga bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan Anda tentang Bangunan Tampak Modern Dengan ACP. Nantikan berbagai tips dan inspirasi-inspirasi lainnya hanya di acpgoodsense.com.

PT. GRHA SINAR ARYA

Medan : 0853 6291 0099
Pekanbaru : 0853 6523 0091 atau 0853 6231 3051
Jakarta : 0811 9206 684 atau 0811 9206 883
Semarang : 0811 2824 322
Surabaya : 0811 3597 718
Makassar : 0811 4441 0018

Sosial media kami :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.