Cara Membersihkan Bekas Lem Pada Aquarium

3 min read

membersihkan lem aquarium

Anda mengalami kesulitan dalam membersihkan lem aquarium atau menghilangkan bekas lem silikon pada aquarium? Nah, pada artikel kali ini kami akan membahas tentang cara membersihkan kaca aquarium.

Sealant asam atau biasa disebut lem kaca adalah salah satu jenis lem yang sering digunakan pada kaca. Seperti fungsi lem pada umumnya, lem kaca berfungsi sebagai perekat kaca aquarium atau menambal bagian yang bocor pada aquarium. Biasanya digunakan untuk aquarium, kusen pintu, kusen jendela dan keramik.

Lem yang mengering di kaca aquarium kesayangan anda pasti mengganggu anda karena merusak tampilan dari aquarium anda. Nah jika Anda tidak menggunakan cara yang benar hal ini bisa menjadi rumit dan berefek ke aquarium anda. Bahan-bahan rumahan ternyata bisa dimanfaatkan untuk mengatasi berbagai jenis cara melepas lem kaca. Kami akan membahasnya untuk Anda pada artikel ini.

Hal-Hal Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membersihkan Lem Kaca

Perhatikan hal-hal penting berikut ini :

  • Jangan menggunakan bahan pembersih pada bagian yang tidak terkena lem, karena kemungkinan dapat merusak lapisan kaca aquarium.
  • Berikan waktu beberapa menit untuk bahan pembersih menyerap lem perekat.
  • Gunakan sarung tangan selama melakukan proses menghilangkan atau membersihkan lem dari kaca aquarium.

membersihkan lem aquarium

Alat Dan Bahan Untuk Menghilangkan Lem Pada Kaca

Ada beberapa cara mudah yang dapat Anda coba lakukan di rumah untuk membersihkan sisa lem silikon pada kaca aquarium. Banyak sekali bahan yang dapat Anda gunakan untuk menghilangkan dan membersihkan lem sisa tersebut, tapi tentu kita juga perlu memperhatikan apakah bahan tersebut tidak merusak kaca.

Bahan Yang Tepat Untuk Membersihkan Sisa Lem Silicone Pada Kaca

Berikut ini adalah beberapa bahan yang bisa anda gunakan dan efektif membersihkan lem pada aquarium dan tentunya juga aman.

1. Cuka

Cuka bisa berguna untuk banyak hal, selain menghilangkan bekas lem, cuka pun bisa menghapuskan kerak yang membandel.

2. Semprotan Anti Lengket/Cooking Spray

Jika anda sering menggoreng biasanya tahu cairan ini. Cairan ini biasanya digunakan untuk membantu memanggang atau menggoreng agar makanan tidak lengket di wajan. Anda bisa menggunakan cairan tersebut untuk mengurangi daya rekat lem silikon agar lebih mudah untuk dibersihkan.

3. Minyak Kayu Putih

Selain untuk penghangat badan, minyak kayu putih juga cukup efektif dan aman untuk membersihkan dan menghilangkan sisa lem silikon di kaca aquarium anda. Ini adalah bahan yang paling simpel dan gampang Anda temukan. Kalau tidak punya di rumah, Anda bisa membeli minyak kayu putih di minimarket atau di apotek.

4. Alkohol

Alkohol masih jadi bahan yang aman dipakai karena cepat kering dan tidak meninggalkan bekas. Pastikan menggunakan alkohol murni yaa.

5. Aseton

Aseton mungkin lebih sering dipakai sebagai bahan penghilang cat kuku atau kuteks. Akan tetapi, manfaat aseton tidak hanya menghapus kuteks, melainkan juga bisa menghapus sisa lem silikon yang menempel di aquarium kesayangan Anda.

6. Adhesive Remover

Adhesive remover adalah pembersih lem. Dari namanya, jelas produk ini memang dipakai untuk menghilangkan bahan perekat seperti bekas lem, getah, dan kotoran lengket lainnya. Sama seperti aseton, adhesive remover juga bersifat melarutkan.

7. Thinner

Untuk kulit anda yang tidak memiliki riwayat alergi, bisa juga menggunakan thinner yang biasa di pakai untuk pengencer dan pembersih cat. Biasanya kalau habis mengecat dan banyak menempel di tangan thinner sangat ampuh untuk membersihkannya. Hal ini bisa di coba untuk melepaskan lem yang merekat.

Setelah mengetahui bahan bahan yang aman digunakan untuk membersihkan lem pada kaca aquarium, Anda tidak perlu menyediakan semua bahan diatas. Anda dapat memilih salah satu bahan yang mungkin ada di rumah Anda untuk menghilangkan sisa lem kaca pada aquarium Anda. Jika tidak ada, Anda dapat membelinya di toko terdekat.

Alat Dan Bahan Yang Dibutuhkan

Anda juga memerlukan peralatan yang bisa di gunakan untuk mengangkat sisa-sisa lem kering dari permukaan kaca aquarium. Bahan yang kita gunakan merupakan peralatan dan bahan rumahan yang sangat mudah di temui. Berikut adalah alat dan bahan yang dapat digunakan untuk membersihkan sisa lem yang bermanfaat untuk mempermudah proses ­cara membersihkan lem kaca pada aquarium:

  • Cairan pembersih seperti cuka, cooking spray, minyak kayu putih, alkohol, aseton, adhesive remover atau thinner (Pilih salah satu yang tersedia di rumah Anda)
  • Kain kering
  • Pengering rambut

Nah dari semua bahan dan alat ini, tidak semua harus kita gunakan secara bersamaan. Kita bisa memilih alat dan bahan yang tersedia di rumah kita untuk membersihkan bekas lem pada kaca aquarium.

membersihkan lem aquarium

Cara Melepaskan Lem Di Kaca Aquarium

Membersihkan lem yang menempel di kaca aquarium, terutama yang sudah mengering, akan membutuhkan ketelitian dan kesabaran yang tinggi. Hal ini disebabkan karena lem yang membandel sulit untuk dihilangkan dan proses pembersihannya terkadang tidak cukup sekali. Silahkan dipraktekin cara membersihkan lem di kaca aquarium berikut ini:

  1. Panaskan lem yang menempel di kaca aquarium menggunakan pengering rambut. Ini akan membuat gumpalan lem meleleh dan lebih mudah untuk dihilangkan.
  2. Jika Anda tidak memiliki pengering rambut, rendam sebuah kain dalam air panas, kemudian tempelkan kain tersebut di area lem yang ingin dibersihkan . Lakukan selama beberapa menit, kurang lebih 2-4 menit.
  3. Setelah tempelan lem mulai lunak, semprot atau berikan cairan pembersih secukupnya.
  4. Gosok menggunakan kain kering hingga kaca kembali bersih.
  5. Jika masih belum bersih, ulangi langkah ke tiga sampai langkah ke empat hingga lem pada kaca benar-benar menghilang.

Itu dia cara melepas lem kaca aquarium. Selain untuk membersihkan sisa lem pada kaca, cara ini bisa juga digunakan untuk keperluan lain yang menggunakan lem kaca. Tentunya Anda perlu kesabaran dan dilakukan berulang-ulang dalam membersihkan sealant kaca atau lem kaca. Dengan begitu, lem kaca dapat bersih tanpa ada bekas lem.

Lem Silicone Sealant Yang Cocok Untuk Kaca Aquarium

Silicone Sealant memiliki dua jenis, yaitu sealant asam dan sealant netral. Untuk penggunaan kaca, disarankan menggunakan jenis sealant asam. Karena lem sealant asam dapat kering lebih cepat dibandingkan lem sealant netral. Sehingga tidak perlu menunggu waktu yang lama agar lem silicone sealant benar-benar kering dalam merekatkan kaca aquarium. 

Bagi Anda yang mencari lem aquarium terbaik, kami menyediakan lem kaca atau Silicone sealant sebagai bahan untuk perekat dengan berbagai varian untuk kebutuhan yang berbeda-beda. Tentu dengan harga yang lebih menarik dan kompetitif, ini dikarenakan silicone sealant yang kami jual merupakan merek PT. Grha Sinar Arya sendiri, yaitu merek GRH.

Terima kasih telah membaca artikel di situs acpgoodsense.com. Semoga bermanfaat dan dapat memberikan solusi bagi Anda yang ingin membersihkan sisa lem pada kaca. Jangan lupa follow juga akun instagram kita untuk informasi update lainnya.

PT. GRHA SINAR ARYA

Medan : 0853 6291 0099
Pekanbaru : 0853 6523 0091 atau 0853 6231 3051
Jakarta : 0812 8701 5088
Semarang : 0811 2824 322
Surabaya : 0811 3597 718
Makassar : 0852 9994 4478

Sosial media kami :

Cara Menghilangkan Sisa Lem Silikon di Mobil

Lem Silikon Mobil – Anda sedang mencari solusi untuk menghilangkan sisa lem silikon yang melekat di mobil kesayangan? Kalau iya, mungkin informasi mengenai cara...
admin
4 min read