Kegunaan Sealant

3 min read

kegunaan sealant

Membahas tentang Silicone Sealant tidak akan jauh dari konstruksi bangunan. Saat melakukan konstruksi atau renovasi suatu bangunan, Anda harus memperhatikan setiap elemen atau material di dalamnya sekecil apapun itu. Seringkali hal-hal kecil seperti celah antara dinding, keramik, jendela, atau material lainnya sering terabaikan. Pada artikel kali ini kami akan membahas tentang Kegunaan Sealant.

Apa Itu Silicone Sealant?

Sealant adalah polimer yang mencakup senyawa inert dan sintetis yang terdiri dari unit pengulangan siloksan, yang merupakan rantai atom silikon bergantian dan atom oksigen, yang sering digabungkan dengan karbon atau hidrogen. Biasanya tahan panas dan seperti karet, dan digunakan dalam sealant, perekat, pelumas, obat-obatan, peralatan masak, dan isolasi termal dan listrik. Beberapa bentuk umum meliputi minyak silikon, karet silikon, resin silikon, dan kaleng silikon.

Sealant atau biasa di sebut lem silikon atau lem kaca adalah salah satu zat yang di gunakan untuk mencegah masuknya cairan melalui permukaan atau sambungan pada material tertentu. Lem multi fungsi ini dapat di gunakan sebagai lem untuk kontruksi, perekat, dan pengisi celah (Gap-filling) pada suatu benda.

Lem Sealant atau disebut juga Silicone Sealant adalah salah satu jenis lem yang sering digunakan pada kontruksi bangunan. Seperti fungsi lem pada umumnya, Sealant berfungsi sebagai perekat atau sekedar mengisi celah antara dua bidang, baik bidang kosong maupun bidang yang mengalami keretakan. Namun, Anda tidak bisa sembarangan menggunakan sealant. Setiap kebutuhan memerlukan jenis yang berbeda.

Lem Sealant adalah lem multifungsi,  lem yang juga dikenal dengan sebutan lem silikon ini menjadi primadona bagi para kontraktor dalam membangun projek-projek bangunan futuritik, hal ini karena pengaplikasian yang cukup mudah dan murah, bahkan bergaransi.

Apa Kegunaan Silicone Sealant?

Secara umum, sealant berguna untuk mengisi ruang atau celah di antara dua material agar terhindar dari kebocoran air. Tidak hanya material bangunan seperti jendela dan kusen pintu, namun sealant juga dapat Anda gunakan pada area bak mandi, ventilasi ruangan, atap, dan area bangunan lainnya.

Tiga kegunaan dasar dari sealant adalah mengisi celah antara dua material, membentuk lapisan pelindung/pembatas, serta mempertahankan usia dan kondisi kualitas properti.

Lem Silikon atau Lem Sealant memiliki banyak manfaat, dengan daya rekatnya yang kuat, Anda bisa dengan mudah merekatkan material-material seperti kaca, logam, uPVC, plastik, ACP (Aluminium Composite Panel) dan material lainnya.

Karakteristik lem Sealant yang menjadi keunggulannya adalah daya elastisitasnya yang tinggi, dengan  daya elastisitas ini, sealant mampu beradaptasi dengan perubahan suhu disekitar, sehingga daya rekatnya tetap terjaga walaupun pada kondisi ekstrim. 

Kegunaan Silicone Sealant

  • Untuk perekat ACP, Aluminium, Keramik, Kaca, Cermin
  • Untuk menutupi celah pada saat memasang ACP, keramik, kaca, pintu, dan jendela
  • Untuk lem perekat kaca mobil
  • Dan masih banyak kegunaan lainnya

Keunggulan lain yang membuat lem jenis ini semakin diminati adalah zatnya yang mudah kering dan aman jika terkena kulit (tidak menyebabkan iritasi). Selain itu, tersedia beberapa varian yang dapat Anda cocokan sesuai kebutuhan.

kegunaan sealant

Kelebihan Silicone Sealant

  • Tahan berbagai konsisi cuaca, Silikon sealant GRH memiliki kekuatan yang lebih baik terhadap sinar matahari dan cuaca ekstrim. Sehingga tidak akan mengalami penurunan peforma atau melemahnya perekatan sealant.
  • Serbaguna, Silicone Sealant GRH dapat digunakan untuk segala kebutuhan
  • Bersifat elastis, Sifat elastis ini dibutuhkan pada setiap konstruksi bangunan. Karena bangunan selalu mengalami pemuaian. Elastisitas yang kurang baik dapat menyebabkan dinding atau material lain mengalami keretakan.
  • Merekat sangat kuat, Selain memiliki elastisitas yang sangat baik, silicone sealant GRH juga merekat sangat kuat pada setiap material.
  • Dapat digunakan sendiri, Dengan kualitas dan performa yang sangat baik, silicone sealant GRH juga dapat digunakan dengan mudah. Anda tidak perlu meggunakan jasa profesional untuk menggunakan lem silikon pada bangunan atau barang Anda.
  • Daya tahan lama, Karena silicone sealant GRH tahan terhadap berbagai cuaca, membuatnya dapat bertahan  lama hingga 20 tahun. Namun perlu diingat, daya tahan yang baik diperoleh jika penggunaannya sesuai dengan ketentuan.

Jenis Silicone Sealant

Lem silikon terbuat dari bahan dasar silicone polymer yang memiliki bahan seperti karet. Lem silikon berfungsi untuk merekatkan dua permukaan dan mengisi celah atau ruang di antara keduanya sehingga tidak bocor. Umumnya silicone dapat tahan ±1 tahun ketika disimpan di dalam ruangan yang bersuhu normal dan tidak langsung bersentuhan dengan lantai.

Pemilihan jenis sealant harus sesuai dengan kebutuhan, perlu diwaspadai beberapa produk sealant mengandung zat asam, oleh karena itu pentung untuk mengetahui sifat dari masing-masing jenis sealant agar tidak terjadi kesalahan dalam pemilihannya.  

Berikut ini tiga jenis sealant berdasarkan bahan dasar yang membentuknya:

Silikon Asam

Silikon Asam sering disebut lem untuk kaca aquarium, karena karakteristiknya yang cocok digunakan pada material kaca dalam pembuatan aquarium. Ciri-ciri silikon asam :

  • Berbau Asam, karena mengandung zat kimia asam
  • Cepat Kering, karena zat asam di dalam silicone
  • Murah, karena bahan dasar silikon hanya -+50%
  • Elastis, silikon memiliki tekstur yang lentur ketika sudah kering

Silikon Netral

Ciri-ciri silikon netral :

  • Tidak berbau asam
  • Lama kering
  • Mahal, karena bahan dasar silikon-+80-90%
  • Tidak begitu elastis jika dibandingkan dengan silikon asam

Acrylic Sealant Berbeda dengan silicone yang elastis seperti karet, acrylic tidak elastis karena terbuat dari asam akrilat. Berikut ciri-ciri jenis acrylic:

  • Tidak berbau
  • Dapat dicat setelah kering
  • Dapat dibersihkan dengan air
  • Tidak berubah warna atau retak di keadaan cuaca yang esktrim
  • Tahan terhadap korosi

Adhesive Jenis adhesive sedikit berbeda dengan silicone. Apabila silicone cenderung berfungsi mengisi ruang atau celah di antara dua benda/material, tetapi adhesive berfungsi menyambungkan dua material secara permanen. Berikut ciri-ciri jenis adhesive:

  • Cepat kering
  • Bersifat cair dan berwarna transparan
  • Dapat diaplikasikan pada sistem perairan
  • Tidak larut dalam air dan anti bocor

kegunaan sealant

Berapa Harga Lem Silen?

Harga lem silen cukup beragam, mulai dari 20 ribu hingga 50 ribu. Harganya pun tergantung pembelian. Jika Anda membeli per kotak, harganya akan lebih murah dibandingkan jika Anda membelinya per botol. Semakin banyak Anda membeli silicone sealant, harganya pun akan semakin murah.

Saat ini ada banyak merk yang bertebaran di pasaran dan salah satu yang sangat populer adalah GRH yang merupakan silicone sealant No.1 di Indonesia.

Bagi Anda yang mencari Silicone Sealant untuk kaca, kami menyediakan Silicone sealant sebagai bahan untuk perekat dengan berbagai varian untuk kebutuhan yang berbeda-beda. Tentu dengan harga yang lebih menarik dan kompetitif, ini dikarenakan silicone sealant yang kami jual merupakan merek PT. Grha Sinar Arya sendiri, yaitu merek GRH.  

Silicon sealant memang multifungsi dan fleksibel. Sifatnya yang tahan lama dan kuat menjadikan sealant jenis ini dapat digunakan dimanapun dan dalam kondisi apapun. Namun, Anda harus tetap memilih produk yang sesuai dengan kebutuhan agar hasilnya maksimal. Memilih sealant harus didasarkan pada analisis lingkungan, metode aplikasi, dan produk jadi yang diharapkan.

kegunaan sealant

Terima kasih telah membaca artikel ini sampai akhir. Semoga bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan Anda tentang Kegunaan Sealant. Nantikan berbagai info dan inspirasi-inspirasi lainnya hanya di acpgoodsense.com.

PT. GRHA SINAR ARYA

Hubungi : 0811 6902 888

Sosial media kami :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *