Lompat ke konten
Beranda » Kubah Masjid ACP | Lebih Ringan Dan Lebih Murah

Kubah Masjid ACP | Lebih Ringan Dan Lebih Murah

kubah masjid acp

Di Indonesia sendiri masjid dikenal dengan bentuknya yang unik yaitu memiliki kubah masjid. Kubah masjid sendiri memiliki bentuk yang setengah lingkaran, di berbagai negara bentuk kubah masjid sendiri beraneka ragam namun di Indonesia kebanyakan memiliki bentuk setengah lingkaran. Pada artikel kali ini kami akan membahas tentang Kubah Masjid ACP, Lebih Ringan Dan Lebih Murah.

Aluminium Composite Panel

Aluminium composite panel (ACP) merupakan material berupa plat datar yang terbuat dari polyethylene (PE) dan dilapisi dengan aluminium di kedua sisinya. Material ini umumnya digunakan sebagai pelapis dinding eksterior untuk menonjolkan kesan artistik dan megah pada fasad bangunan komersial seperti pusat pertokoan, pusat bisnis, hotel, atau ruko. Biasa dikombinasikan dengan kaca, papan reklame, atau panel kanopi. Pada dinding interior, ACP biasa diaplikasikan sebagai plafon artistik, partisi, atau penutup kolom. Jenis ACP yang digunakan juga berbeda, ACP polyester lebih banyak digunakan untuk dinding eksterior. Sedangkan untuk dinding interior, jenis ACP yang digunakan adalah PVDF (polyvinyl defluoride).

Ukuran standar ACP adalah 1220 x 2440 mm dengan ketebalan 4 mm. Material yang juga dikenal dengan sebutan sandwich panel (panel sandwich). ACP telah digunakan sebagai bahan yang ringan namun sangat kokoh dalam konstruksi, terutama untuk struktur sementara seperti stan pameran dagang dan struktur temporer lainnya. Baru-baru ini juga telah diadopsi sebagai bahan pendukung untuk mendisplay karya fotografi seni rupa, seringkali dipadukan bahan akrilik di proses finishing atau teknik face mounting lainnya. Beberapa bangunan terkenal yang menggunakan aluminium composite panel di antaranya adalah Spaceship Earth, Van Dusen Botanical Garden, dan Perpustakaan Nasional Jerman cabang Leipzig.

Pada saat ini bahan-bahan bangunan untuk perkantoran, perumahan maupun gedung bertingkat semakin selektif. yang digunakan harus nyaman, nyaman, ringan, namun tetap harus kuat dan awet karena memiliki standar mutu yang tinggi pada aplikasi interior dan interior saat ini aluminium composit panel goodsense atau ACP menjadi pilihan banyak penggiat konstruksi penggunaan ACP ini banyak sekali karena bisa digunakan untuk di luar maupun di dalam ruangan mulai dari kanopi, pelapis dinding ruko, kubah kubah masjid yang ada di Indonesia.

kubah masjid acp

Keuntungan Kubah ACP

Kubah merupakan salah satu ciri khas dari bangunan peribadahan umat islam. meskipun tidak ada keharusan menggunakan kubah untuk bangunan masjid namun seakan sudah menjadi satu kelas iman di kalangan umum bahwa membangun masjid harus dilengkapi dengan kubah. di sisi lain, orang yang berada dalam perjalanan dan dak ke masjid biasanya menggunakan kubah sebagai aturan pencarian. bangunan masjid berkubah memberikan dan memancarkan kesan megah dan indah. selain untuk ubah juga berfungsi sebagai penanda arah kiblat dari bagian luar dan reflektor cahaya untuk menerangi bagian dalam masjid.

Kubah masjid berbahan ACP memiliki beberapa keunggulan dibanding dengan kubah berbahan lainnya. Keunggulan itu antara lain kubah masjid ACP tahan akan karat, memiliki bobot yang ringan sehingga saat pemasangan tidak memerlukan banyak orang, tidak memakai baut untuk menyambung antara panel satu dengan lainnya, terkesan lebih mewah, minim perawatan, dapat memakai warna seperti warna alam misalnya marmer, kayu dan sebagainya. Bahkan Anda bisa menggunakan bahan tahan api jika menghendaki.

Aluminium Composite Panel Goodsense memiliki struktur bahan yang aman nyaman, ringan dan kuat aman karena bersifat non toksik tidak beracun nyaman karena bisa mengurangi tingkat kebisingan jika digunakan sebagai sekat dan mengurangi panas jika digunakan sebagai kanopi, kuat dan ringan karena berbahan utama aluminium dan awet karena memiliki lapisan cat poliester. hal inilah yang membuat aluminium tersebut menjadi primadona para pembuat kubah masjid di Indonesia.

Kelebihan Kubah Menggunakan Aluminium Composite Panel

  • Lebih ringan sehingga pemasangannya tidak membutuhkan pondasi extra kuat.
  • Resiko kerusakan yang ditimbulkan ketika terjadi bencana gempa gempa juga terlihat kecil
  • Potensi rembes atau bocor jauh lebih kecil dibanding ubah lain
  • Kubah panel lebih indah dengan warna yang tajam dan variatif juga tahan lama
  • Pasar Jual yang lumayan tinggi.

Tips Memilih ACP

Bagi Anda yang ingin membangun masjid maka kami menyarankan supaya anda membeli kubah masjid bahan ACP yang memiliki banyak kelebihan. Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi penting kepada anda mengenai bagaimana cara memilih kubah masjid yang tepat. Tak usah menunggu lama berikut ini adalah informasinya untuk Anda

  1. Memilih kubah masjid ACP yang tahan panas
  2. Memilih Kubah ACP yang berkualitas
  3. Memilih kubah ACP yang tahan terhadap korosi

kubah masjid acp

Terima kasih telah membaca artikel ini sampai akhir. Semoga bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan Anda tentang Kegunaan Aluminium Composite Panel. Nantikan berbagai tips dan inspirasi-inspirasi lainnya hanya di acpgoodsense.com.

PT. GRHA SINAR ARYA

Medan : 0853 6291 0099
Pekanbaru : 0853 6523 0091 atau 0853 6231 3051
Jakarta : 0811 9206 684 atau 0811 9206 883
Semarang : 0811 2824 322
Surabaya : 0811 3597 718
Makassar : 0852 9994 4478

Sosial media kami :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *