Pembuatan Rangka ACP

2 min read

pembuatan rangka acp

Material ACP ini umumnya digunakan sebagai pelapis dinding eksterior untuk menonjolkan kesan artistik dan megah pada fasad bangunan komersial seperti pusat pertokoan, pusat bisnis, hotel, atau ruko. Biasa dikombinasikan dengan kaca, papan reklame, atau panel kanopi. Pada dinding interior, ACP biasa diaplikasikan sebagai plafon artistik, partisi, atau penutup kolom. Pada artikel kali ini kami akan membahas tentang Pembuatan Rangka ACP.

ACP Terbuat Dari Apa?

Aluminium Composite Panel adalah material yang digabungkan dan di padukan antara plat Alumunium dan bahan composite. Aluminium Composite Panel (ACP) dapat di gambarkan sebagai panel datar. Bahan Aluminium Composite Panel terdiri dari 3 lapisan, yaitu aluminium dan bahan core biji plastik murni di campur dengan bahan core recycle ataupun bahan kimia FR untuk tipe ACP fire retardant.

Menurut cat dari bahan acp, komposit panel di bagi menjadi 2 macam, yaitu :

  1. Jenis Polyester (PE) yang biasanya banyak digunakan untuk interior bangunan. ACP tipe PE lebih murah di pasaran dikarenakan lebih tipis yang hanya menggunakan 1 kali lapisan.
  2. Jenis PVDF (Poly Vinyl De Flouride) yang biasanya diaplikasikan untuk eksterior bangunan. ACP jenis PVDF ini memiliki keunggulan tahan terhadap segala jenis cuaca. Hal inilah yang membuat warna dapat lebih tahan lama meksipun terkena hujan dan panas. Untuk eksterior, PVDF lebih direkomendasikan dibanding jenis Polyester (PE).

Pembuatan Rangka ACP

ACP (Aluminium Composite Panel) dipasang pada rangka yang telah dipersiapkan secara khusus. Dalam pembuatan rangkanya, kita harus memperhatikan struktur yang dibutuhkan sesuai kondisi lokasi proyek pekerjaan atau spesifikasi yang sudah ditentukan. Perakitan rangka untuk pemasangan ACP harus dilaksanakan dengan akurat sesuai ukuran modul ACP menurut spesifikasi dan gambar teknis.

Material untuk rangka ACP antara lain :

Hollow Besi Galvanis / Hollow Aluminium

Anda bisa memilih antara Hollow Galvanis atau Hollow Aluminium tergantung kebutuhan atau spek yang di tentukan. Ada baiknya Anda menggunakan hollow galvanis karena di samping harga nya yang relatif lebih murah dari hollow aluminium, cara merakitnya pun lebih mudah dan cepat bisa dengan cara di las ataupun menggunakan sekrup bajaringan, selain itu dari segi kekuatan menurut juga lebih kuat. Gunakanlah hollow ukuran 4×4 untuk tiang penyangga agar lebih kuat dan ukuran 2×4 untuk ambangan.

Braket Siku 

Braket siku berfungsi untuk memperkuat dudukan Rangka Hollow, bisa di potong per 10 cm / 20 cm  atau sesuai kebutuhan saja, pengaplikasian nya bisa menggunakan dynabolt / skrup pasang besar + fiser untuk yang menempel di dinding, dan untuk yang menempel di rangka bisa di las atau di skrup.

Perakitan Rangka harus benar-benar akurat sesuai ukuran modul ACP menurut sepsifikasi dan gambar teknis yang ada.

Untuk diketahui misalnya pada gambar ukuran modul acp 120 x 120 cm, maka perakitan rangka nya biasanya menggunakan ukuran as 118 x 118 cm ataupun tetap pada ukuran as 120 x 120 cm tergantung dari metode pemasangan nya.

Karena ukuran lembaran acp standar nya 122 x 244 cm jadi bila kita kurangi dengan bendingan untuk kupingan 2 cm tiap tepinya berkisar antara 118 cm. Pada posisi rangka seperti ini setelah acp terpasang akan menyisakan jarak antar modul (nat) sekitar 1 cm untuk pemasangan skrup pada brasing acp & rangka.

pembuatan rangka acp

Cara Pasang Rangka ACP

1.  Jika Konstruksi Rangka Dudukan ACP dipasang pada Dinding yang terbuat dari pasangan Batubata, maka Dinding Batubata tersebut harus diplester terlebih dahulu. Minimal diplester tanpa Aci, atau sanggup juga di-aci. Supaya Konstruksi Rangka ini tetap Kuat Mengikat ketika menahan Beban Rangka itu sendiri dan Beban ACP nantinya, serta Tahan Lama.
2.  Jika Konstruksi Rangka Dudukan ACP dipasang pada Dinding Beton atau Beton Bertulang, maka dinding tersebut tidak perlu diplester lagi, silahkan eksklusif dipasang.
3.  Rangka Dudukan ACP, sebaiknya memakai material Metal atau Logam yang berkualitas baik, sehingga tidak gampang Korosi (berkarat) dan tidak gampang rusak akhir korosi tersebut.
Seperti Gambar dibawah ini : A ialah Alumanium, dan B ialah Besi Hollow yang di-Cat (dengan ketebalan material Logam yang memadai untuk menahan Beban Sendiri Rangka tersebut dan ACP yang akan dipasang pada Rangka tersebut.
4.  Lakukan Marking pada Dinding Batubata (dalam hal ini, Contoh Pemasangan dilakukan pada Dinding Batubata yang telah diplester). Jarak Horizontal-nya kita misalkan 60cm dan Jarak Vertikal-nya juga 60cm.
5.  Lakukan Pemasangan Rangka Dudukan ACP, pola disini memakai Besi Hollow 40×40.

6.  Setelah semua Besi Hollow terpasang, lakukan Pengecekan Ulang terhadap kekuatan pasangan Dynabolt dan Pengelasan. Hal ini diharapkan untuk memastikan Kekuatan Rangka Dudukan tersebut sebelum Alumanium Composit Panel (ACP) dipasang pada Rangka tersebut.

7.  Pemasangan selesai.

Baca juga : Proses Pembuatan Aluminium Composite Panel

Anda bisa mendapatkan produk ACP GOODSENSE dan GRH di toko bangunan terdekat atau distributor resmi ACP GOODSENSE dan GRH yaitu PT. GRHA Sinar Arya. Silakan hubungi kami untuk pemesanan ACP GOODSENSE dan GRH.

Terima kasih telah membaca artikel ini sampai akhir. Semoga bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan Anda tentang Pembuatan Rangka ACP. Nantikan berbagai tips dan inspirasi-inspirasi lainnya hanya di acpgoodsense.com.

 

PT. GRHA SINAR ARYA

Medan : 0853 6291 0099
Pekanbaru : 0853 6523 0091 atau 0853 6231 3051
Jakarta : 0811 9206 684
Semarang : 0811 2824 322
Surabaya : 0811 3547 718
Makassar : 0811 4441 0018

Sosial media kami :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.